Hubungan minat terhadap karya sastra dengan hasil membaca karya sastra pada mata kuliah deutsche literatur mahasiswa angkatan 2009 jurusan satra Jerman fakultas sastra Universitas Negeri Malang / Gethsemane Kezia Bejaxhiu - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan minat terhadap karya sastra dengan hasil membaca karya sastra pada mata kuliah deutsche literatur mahasiswa angkatan 2009 jurusan satra Jerman fakultas sastra Universitas Negeri Malang / Gethsemane Kezia Bejaxhiu

Bejaxhiu, Gethsemane Kezia (2012) Hubungan minat terhadap karya sastra dengan hasil membaca karya sastra pada mata kuliah deutsche literatur mahasiswa angkatan 2009 jurusan satra Jerman fakultas sastra Universitas Negeri Malang / Gethsemane Kezia Bejaxhiu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci minat terhadap karya sastra hasil membaca karya sastra Deutsche Literatur Di zaman yang serba canggih saat ini dengan kemajuan teknologi yang luar biasa karya sastra di tengah masyarakat menduduki posisi yang jauh dari nomor satu dan hal ini diperparah dengan kemunculan internet dan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter yang secara luas digunakan dan menyebar seperti jamur. Pada sisi lain membaca karya sastra secara rutin sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan dapat meningkatkan keterampilan berbahasa dan kompetensi berbahasa mereka dan membantu mereka mampu mengintepretasi isi karya sastra. Lebih jauh lagi kemungkinan ada korelasi antara minat terhadap karya sastra dan pemahaman membaca karya sastra. Dengan latar belakang tersebut penelitian ini dilakukan dengan tujuan menemukan apakah ada hubungan antara Hubungan Minat terhadap Karya Sastra dengan Hasil Membaca Karya Sastra pada Matakuliah Deutsche Literatur Mahasiswa Angkatan 2009 Jurusan Sastra Jerman. Masalah penelitian ini adalah (1) apakah ada korelasi yang signifikan antara minat terhadap karya dan hasil membaca karya sastra dalam matakuliah Deutsche Literatur mahasiswa angkatan 2009 (2) apakah ada korelasi yang signifikan antara minat terhadap karya dan hasil membaca karya sastra dalam matakuliah Deutsche Literatur kelas reguler mahasiswa angkatan 2009 (3) apakah ada korelasi yang signifikan antara minat terhadap karya dan hasil membaca karya sastra dalam matakuliah Deutsche Literatur kelas non reguler mahasiswa angkatan 2009. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kuantitatif korelasional dan subyek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Sastra Jerman tahun akademik 2009 yang meliputi mahasiswa reguler dan non reguler yang berjumlah 59. Instrumen yang dipakai adalah (1) angket yang digunakan untuk memperoleh data minat subyek terhadap karya sastra dan (2) tes membaca pemahaman yang digunakan untuk memperoleh data tentang hasil membaca karya sastra yang berisi sebuah cerita pendek yang berjudul Das Brot karya Wolfgang Borchert. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan skala Likert untuk data tentang minat terhadap karya sastra dan menggunakan rumus Pearson Product Moment untuk data hasil membaca. Hasil penelitian menunjukkan secara umum tidak ada korelasi yang signifikan antara minat terhadap karya sastra dan hasil membaca karya sastra dalam matakuliah Deutsche Literatur mahasiswa angkatan 2009 (r 0 29 pada level 0 05) dan juga pada mahasiswa program reguler (r pada level ) dan pada mahasiswa program non reguler (r pada level ). Oleh sebab itu hipotesis penelitian ini ditolak. Hasil ini memberikan informasi bahwa mahasiswa yangmemiliki minat baca karya sastra yang baik bukan berarti memiliki hasil yang baik di dalam membaca karya sastra dan sebaliknya. Banyak faktor yang saling terkait faktor internal (kesehatan kecerdasan bakat motivasi) dan faktor eksternal (keluarga sekolah masyarakat). Dapat disimpulkan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan antara Hubungan Minat terhadap Karya Sastra dengan Hasil Membaca Karya Sastra pada Matakuliah Deutsche Literatur Mahasiswa Angkatan 2009 juga pada mahasiswa program reguler dan non reguler. Berdasarkan kesimpulan ini disarankan bahwa para mahasiswa sebaiknya tidak mengandalkan atau bergantung hanya pada minat mereka apabila mereka ingin mencapai hasil yang sangat baik di dalam membaca karya sastra. Juga disarankan bahwa dosen sebaiknya memperkuat tidak hanya minat para mahasiswa selama pembelajaran tetapi juga faktor-faktor lain seperti sikap motivasi dan bakat. Pada akhirnya juga disarankan peneliti lain untuk melakukan penelitian yang sama dengan fokus pada faktor-faktor lain tersebut atau dengan menggunakan subyek dari angkatan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11858

Actions (login required)

View Item View Item