Penerapan model pembelajaran stationenlernen pada keterampilan membaca karya sastra Jerman di kelas XI-Bahasa SMA Negeri 7 Malang / Tezar Zein Burhansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran stationenlernen pada keterampilan membaca karya sastra Jerman di kelas XI-Bahasa SMA Negeri 7 Malang / Tezar Zein Burhansyah

Burhansyah, Tezar Zein (2012) Penerapan model pembelajaran stationenlernen pada keterampilan membaca karya sastra Jerman di kelas XI-Bahasa SMA Negeri 7 Malang / Tezar Zein Burhansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran kooperatif model Stationenlernen karya sastra Keterampilan membaca merupakan satu dari sekian keterampilan berbahasa yang membuat pembelajaran bahasa menarik dan harus diajarkan dengan berbagai metode. Dengan demikian peserta didik memiliki motivasi yang tinggi dalam membaca. Berdasarkan hasil observasi peneliti di SMA Negeri 7 Malang peserta didik tampak kesulitan dalam memahami bacaan berbahasa asing khususnya bahasa Jerman. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti mencoba menerapkan metode Cooperative Learning dengan model Stationenlernen pada keterampilan membaca karya sastra yaitu fabel. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil observasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung jawaban kelompok atas pertanyaan tentang isi bacaan dan hasil angket peserta didik sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang ada di kelas XI-Bahasa yang berjumlah 9 orang. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah Human Instrument dan instrument penunjang dalam penelitian ini adalah berupa tes angket dan lembar observasi. Pada tahap penerapan model pembelajaran Stationenlernen peserta didik kesulitan dalam mengerjakan latihan di stasiun awal (stasiun 1). Oleh sebab itu peranan guru sangat diperlukan di tahap ini. Pada latihan di stasiun selanjutnya siswa mulai terbiasa dan aktif mendiskusikan latihan yang disajikan di setiap stasiun. Hasil penerapan model pembelajaran Stationenlernen menunjukkan bahwa peserta didik dapat menjawab pertanyaan bacaan dengan baik. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 82 2 sedangkan nilai standar ketentuan minimal yang ditentukan adalah 75. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Stationenlernen memberikan dampak yang positif bagi peserta didik. Peserta didik menjadi lebih aktif dan termotivasi dalam kegiatan pembelajaran daripada sebelumnya serta mendidik mereka untuk lebih mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11857

Actions (login required)

View Item View Item