Penggunaan media kartu domino-kwartet (domtet) dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Tumpang / Mei Yuanita Heksanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media kartu domino-kwartet (domtet) dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Tumpang / Mei Yuanita Heksanti

Heksanti, Mei Yuanita (2012) Penggunaan media kartu domino-kwartet (domtet) dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Tumpang / Mei Yuanita Heksanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Keterampilan Berbicara Media Kartu Domino-Kwartet (Domtet) Berbicara merupakan suatu keterampilan berbahasa yang harus dilakukan secara efektif dan produktif. Berdasarkan nilai keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Tumpang sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam berbicara bahasa Jerman karena bahasa Jerman merupakan bahasa asing yang baru dipelajari di kelas XI. Media kartu Domino- Kwartet (Domtet) adalah media yang dipilih oleh peneliti untuk diterapkan pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Tumpang untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Jerman. Selain itu penggunaan media tersebut belum pernah dilakukan di SMA Negeri 1 Tumpang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan dan hasil penggunaan media kartu Domtet pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Tumpang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data-data yang diperoleh dari data observasi data angket dan data hasil tes keterampilan berbicara siswa. Sebagian besar siswa tertarik dengan penggunaan media ini. Pernyataan tersebut dibuktikan dengan pernyataan butir ke 7 yang terdapat dalam angket yaitu sebanyak 63 3% dari 22 siswa menyatakan sangat setuju 31 8% siswa menyatakan setuju dan 4 5% menyatakan tidak setuju bahwa media kartu Domtet membuat mereka bersemangat dalam belajar bahasa Jerman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media kartu Domtet selama tiga hari berturut-turut berjalan dengan baik. Hal ini didukung dengan hasil nilai keterampilan berbicara siswa selama penelitian. Pada hari pertama penggunaan media kartu Domino 83 3% dari 18 siswa yang mengikuti pembelajaran dinyatakan lulus Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada hari kedua penggunaan kartu Kwartet 90 4% dari 21 siswa yang mengikuti pembelajaran dinyatakan lulus KKM. Pada hari ketiga penggunaan kartu Domtet 90 9% dari 22 siswa yang mengikuti pembelajaran dinyatakan lulus KKM. Selain itu media Domtet dapat membuat siswa bersemangat dan aktif berbicara bahasa Jerman. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu Domtet membuat siswa bersemangat dan aktif dalam keterampilan berbicara bahasa Jerman. Media tersebut membuat siswa lebih tertarik mempelajari bahasa Jerman. Dengan demikian hendaknya pengajar menggunakan media ini pada proses pembelajaran khususnya pada keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11855

Actions (login required)

View Item View Item