Kesesuaian tipologi latihan buku Jung 1 dengan KTSP bahasa Jerman / Widyarini Megawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesesuaian tipologi latihan buku Jung 1 dengan KTSP bahasa Jerman / Widyarini Megawati

Megawati, Widyarini (2012) Kesesuaian tipologi latihan buku Jung 1 dengan KTSP bahasa Jerman / Widyarini Megawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci KTSP Bahasa Jerman Buku Teks Buku Jung 1 Tipologi Latihan Pemberlakuan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Indonesia harus diikuti dengan kesiapan dari tenaga pendidik agar menjadi lebih profesional. Sebagai tenaga pendidik yang profesional seorang guru harus memiliki beberapa kompetensi di antaranya adalah kompetensi pedagogik. Salah satu kemampuan yang harus dikuasai dari kompetensi pedagogik adalah kemampuan guru dalam memilih bahan ajar yang tepat. Di Indonesia buku teks yang dipergunakan sebagai bahan ajar disekolah harus melalui standardisasi dari Badan Nasional Standar Pendidikan ( BNSP). Salah satu buku teks untuk mata pelajaran bahasa Jerman yang sudah distandardisasikan oleh BNSP dan disusun berdasarkan KTSP adalah buku Jung 1. Buku Jung 1 diperuntukan bagi peserta didik SMA/MA kelas X. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian latihan-latihan dalam buku Jung 1 dengan tipologi latihan dari Gerhard Neuner dan KTSP bahasa Jerman. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu untuk mendeskripsikan latihan-latihan yang terdapat pada buku Jung 1. Sumber data pada penelitian ini adalah buku Jung 1 untuk SMA/MA kelas X dan data yang digunakan berupa latihan-latihan yang terdapat pada Jung 1. Pada penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen utama yaitu menganalisis data menggunakan tabel analisis berdasarkan tipologi latihan dari Gerhard Neuner dan KTSP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi pada buku Jung 1 diperuntukan bagi peserta didik SMA/MA kelas X pada semester 1 dan 2 mencakup empat aspek keterampilan berbahasa dan telah disesuaikan dengan KTSP bahasa Jerman. Dari keempat aspek keterampilan tersebut latihan keterampilan menulis paling banyak tersaji di antara keterampilan berbahasa lainnya. Selain itu buku Jung 1 juga telah dianalisis sesuai dengan tipologi latihan dari Gerhard Neuner yang membagi tingkat latihan soal menjadi empat yaitu tingkat A (A1 dan A2) B C dan D. Hasil dari analisis tersebut menunjukkan bahwa buku Jung 1 telah mencakup tiga dari empat kriteria menurut Gerhard Neuner kecuali tingkat D. Tipe soal latihan tersebut menuntut peserta didik untuk mampu mengutarakan pendapat dan memberi komentar secara bebas dan interaktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11853

Actions (login required)

View Item View Item