Kemampuan menyimak (horen) siswa kelas XI Keterampilan SMA Negeri 6 Malang / Fahmy Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menyimak (horen) siswa kelas XI Keterampilan SMA Negeri 6 Malang / Fahmy Hidayat

Hidayat, Fahmy (2012) Kemampuan menyimak (horen) siswa kelas XI Keterampilan SMA Negeri 6 Malang / Fahmy Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kemampuan menyimak bahasa Jerman Di antara empat keterampilan berbahasa keterampilan menyimak adalah keterampilan dasar yang pertama kali dikuasai oleh setiap individu pada fase pertama jenjang kehidupan. Menyimak adalah kemampuan reseptif yaitu menerima apa yang diutarakan atau disampaikan. Pembelajaran bahasa Jerman di SMA Negeri 6 Malang tidak mengacu pada satu buku tertentu melainkan dari berbagai macam buku bahasa Jerman dan dari sumber-sumber lainnya sehingga akan semakin banyak materi menyimak yang bisa diajarkan pada siswa. Namun pada kenyataannya siswa jarang sekali diberikan materi-materi pelajaran yang berhubungan dengan kegiatan menyimak. Siswa masih mengalami banyak kesulitan dalam menyimak wacana-wacana berbahasa Jerman. Hal ini dikarenakan kurangnya intensitas kegiatan menyimak yang diberikan oleh guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menyimak bahasa Jerman siswa kelas XI keterampilan SMA Negeri 6 Malang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi angket dan tes. Observasi digunakan untuk melihat kemampuan menyimak siswa di kelas. Angket digunakan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam kegiatan menyimak bahasa Jerman. Tes digunakan untuk menentukan tingkat kemampuan siswa dalam kegiatan menyimak bahasa Jerman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyimak bahasa Jerman siswa cukup baik. Dapat disimpulkan bahwa kesulitan siswa dalam menyimak adalah (1) memahami teks yang diperdengarkan dari CD (2) membedakan panjang atau pendek bunyi (3) memahami bunyi Umlaut (4) memahami intonasi dan tempo bicara yang cepat (5) menganalisis situasi atau suara-suara lain di luar komunikasi (6) kurangnya perbendaharaan kosakata dan (7) kebiasaan belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11852

Actions (login required)

View Item View Item