Penerapan media puzzle picture pada kemampuan berbicara siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tum pang / Ungki Dwi Cahyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media puzzle picture pada kemampuan berbicara siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tum pang / Ungki Dwi Cahyo

Cahyo, Ungki Dwi (2012) Penerapan media puzzle picture pada kemampuan berbicara siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tum pang / Ungki Dwi Cahyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Media Puzzle Picture Kemampuan Berbicara Dalam meningkatkan ketertarikan minat belajar pada siswa diperlukan adanya variasi di dalam pembelajaran. Salah satunya yaitu adanya media yang disajikan pada saat pelajaran. Media pembelajaran mempunyai manfaat yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Media Puzzle Picture merupakan salah satu media pembelajaran yang berisi enam gambar yang dipotong menjadi beberapa bagian sehingga menjadi puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan hasil penerapan media Puzzle Picture pada kemampuan berbicara siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tumpang. Penelitian menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Data yang diambil untuk penelitian ini berdasarkan pada lembar observasi dan angket. Sedangkan sumber data yang diambil yaitu 38 Siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tumpang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Puzzle Picture berhasil membuat siswa menjadi lebih aktif dan menumbuhkan minat berbicara bahasa Jerman. Dari hasil observasi dan angket dapat diketahui bahwa hasil dari pembelajaran dengan menerapkan media Puzzle Picture dapat membantu siswa dalam mempelajari bahasa Jerman. Terdapat 21% siswa yang nilainya kurang memenuhi standar kelulusan minimal karena kemampuan berbicara siswa yang masih kurang. Sebanyak 41% dari angket siswa juga memilih agar media ini dikembangkan dengan lebih bervariasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan media Puzzle Picture berhasil membuat siswa bersemangat dan aktif berbicara menggunakan bahasa Jerman pada saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11851

Actions (login required)

View Item View Item