Penggunaan artikel pada majalah Juma dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Tumpang / Maimun Fariziah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan artikel pada majalah Juma dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Tumpang / Maimun Fariziah

Fariziah, Maimun (2012) Penggunaan artikel pada majalah Juma dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Tumpang / Maimun Fariziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci keterampilan membaca artikel majalah Juma Pembelajaran membaca merupakan pembelajaran yang paling sering diajarkan daripada keterampilan yang lainnya. Akan tetapi masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami teks bahasa Jerman. Berdasarkan wawancara dengan guru pengajar peneliti mengetahui bahwa pembelajaran membaca di kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Tumpang selalu menggunakan teksteks yang bersumber dari buku ajar yang relatif sama. Hal tersebut merupakan salah satu faktor yang kemungkinan besar menyebabkan kurangnya minat baca siswa karena itu peneliti berinisiatif menerapkan artikel dari majalah Juma sebagai variasi teks bacaan dalam pembelajaran membaca di kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Tumpang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan artikel pada majalah Juma dalam pembelajaran membaca bahasa Jerman kemampuan membaca global dan detil siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Tumpang. Deskriptif kualitatif adalah rancangan penelitian yang digunakan. Sumber data penelitian ini yaitu guru dan siswa di kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Tumpang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara pedoman observasi dan lembar tes. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan artikel dari majalah Juma dalam pembelajaran membaca siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Tumpang berjalan dengan baik. Akan tetapi kemampuan membaca global siswa lebih baik daripada kemampuan membaca detil. Hal tersebut dapat diketahui dari nilai yang diperoleh dari setiap bagian tes. Jumlah siswa yang memperoleh nilai sempurna pada tes bagian I lebih banyak daripada tes bagian II. Berdasarkan hasil wawancara diketahui pula bahwa penggunaan artikel dari majalah Juma dapat membantu siswa menambah perbendaharaan kosakata menambah pengetahuan tentang kebudayaan Jerman memperoleh lebih banyak variasi teks dan juga mempermudah siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11850

Actions (login required)

View Item View Item