Pengembangan media pembelajaran berbasis animasi pada mata kuliah literaturgeschichte Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Muhamad Abdul Hafidz Annu'man - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis animasi pada mata kuliah literaturgeschichte Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Muhamad Abdul Hafidz Annu'man

Annu'man, Muhamad Abdul Hafidz (2012) Pengembangan media pembelajaran berbasis animasi pada mata kuliah literaturgeschichte Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Muhamad Abdul Hafidz Annu'man. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan media animasi Literaturgeschichte. Mata kuliah Literaturgeschichte merupakan mata kuliah yang memuat pengetahuan tentang sejarah sastra Jerman. Berdasarkan pengamatan dan hasil wawancara dengan mahasiswa Sastra Jerman yang telah menempuh mata kuliah Literaturgeschichte selama proses pembelajaran mereka masih bersifat pasif. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan tentang sastra dan jumlah sks mata kuliah Literaturgeschichte hanya dua sks per minggu. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media pembelajaran alternatif berbasis animasi yang dapat digunakan untuk membantu pembelajaran sejarah sastra Jerman. Selain itu dengan adanya media pembelajaran ini mahasiswa diharapkan menjadi lebih termotivasi untuk belajar tentang sastra terutama kesusastraan Jerman dan membuat proses belajar mengajar menjadi lancar dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang menggabungkan metode antara Sukmadinata dan Sugiyono. Penggunaan metode penelitian ini untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berbasis animasi pada mata kuliah Literaturgeschichte kemudian mengujikan keefektifannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang sudah divalidasi sehingga layak untuk digunakan sebagai media representatif dalam pembelajaran Literturgeschichte. Data pada penelitian ini berupa angket dari subjek uji coba yang meliputi validator ahli media ahli materi dan mahasiswa dari offering A B dan AA angkatan 2009. Hasil penelitian adalah telah tersusun media pembelajaran untuk mata kuliah Literaturgeschichte yang memuat materi mulai dari zaman Mittelalter sampai dengan zaman Romantik. Angket disajikan secara deskriptif kualitatif. Berdasrkan ahli media media yang telah dikembangkan 73 53% valid sehingga media tersebut bisa digunakan dalam pembelajaran namun dengan revisi. Ahli materi berpendapat bahwa materi dalam media 80% valid sehingga media ini bisa digunakan. Ahli materi memberikan saran sebagai perbaikan untuk kesempurnaan media. Berdasarkan hasil uji coba kepada 42 mahasiswa yang telah mencoba produk ini media ini 78 25% valid dengan revisi. Berdasarkan hasil rata-rata validasi didapat 77 26 % sehingga dapat dikonversikan bahwa media pembelajaran valid dengan sedikit revisi. Berdasarkan hasil kajian terhadap produk media pembelajaran diatas media tersebut bagus digunakan dalam pembelajaran Literaturgeschichte. Mahasiswa dapat pergi ke Mediothek untuk menggunakan media tersebut. Saran yang diajukan untuk peneliti selanjutnya adalah untuk mengembangkan materi dengan tema bahasan untuk satu semester. Selain itu peneliti menyarankan untuk mengembangkan media animasi pada pembelajaran Literaturgeschichte yang bersifat online agar bisa diakses melalui internet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11849

Actions (login required)

View Item View Item