Penggunaan multiteks pada pembelajaran bahasa Jerman un tuk keterampilan membaca siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kepanjen / Amalia Sofie Yuana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan multiteks pada pembelajaran bahasa Jerman un tuk keterampilan membaca siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kepanjen / Amalia Sofie Yuana

Yuana, Amalia Sofie (2012) Penggunaan multiteks pada pembelajaran bahasa Jerman un tuk keterampilan membaca siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kepanjen / Amalia Sofie Yuana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci multiteks keterampilan membaca Membaca merupakan salah satu aspek dalam keterampilan berbahasa. Pada pembelajaran bahasa Jerman kegiatan membaca dapat membantu pemahaman siswa dalam mempelajari struktur bahasa serta dapat menambah pembendaharaan kosakata. Pemberian beragam bacaan dapat membuat siswa memperoleh informasi yang lebih banyak. Namun demikian berdasarkan pengamatan guru jarang memberikan bacaan yang beragam sehingga siswa merasa jenuh dan mengabaikan isi bacaan tersebut. Berdasarkan hal tersebut peneliti menggunakan beragam bacaan atau multiteks sebagai suatu alternatif untuk kegiatan membaca. Melalui multiteks diharapkan dapat mengetahui respon siswa dalam kegiatan membaca dan pemahaman terhadap isi bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan multiteks pada pembelajaran bahasa Jerman untuk keterampilan membaca. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 1 Kepanjen yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini menggunakan data proses kegiatan pembelajaran dokumentasi hasil latihan soal lembar observasi dan angket siswa sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menggunakan multiteks untuk keterampilan membaca berjalan dengan baik sesuai rencana pembelajaran yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil latihan soal yang dikerjakan siswa sebagian besar siswa mampu memahami isi multiteks. Hal tersebut dibuktikan dari 32 siswa 28 orang mendapat nilai lebih dari 75 pada pertemuan pertama. Sedangkan pada penelitian kedua 30 siswa mendapat nilai lebih dari 75. Hal ini berarti siswa mendapat predikat tuntas SKM. Selain itu siswa juga menjadi lebih aktif ketika diskusi berlangsung. Beberapa siswa terlihat aktif mengungkapkan pendapat dan bertanya atau menjawab pertanyaan guru mengenai informasi yang terdapat dalam teks. Berdasarkan angket yang diisi oleh siswa sebagian besar berpendapat bahwa penggunaan multiteks lebih efektif karena teks bervariatif sehingga menarik ketika dibaca dan dapat menambah kosakata bahasa Jerman. Dari penelitian ini diketahui pula bahwa pemilihan teks yang digunakan untuk multiteks harus disesuaikan dengan kemampuan siswa agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran bahasa Jerman untuk menggunakan multiteks ketika melakukan kegiatan membaca agar siswa dapat mengetahui pemahaman mereka terhadap isi bacaan dan materi yang sedang dipelajari. Siswa juga disarankan untuk lebih sering melakukan kegiatan membaca agar kosakata mereka bertambah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11847

Actions (login required)

View Item View Item