Kemampuan menulis karangan bahasa Jerman siswa kelas XI bahasa SMA Negeri 8 Malang sebagai program non pasch dan SMA Negeri 5 Malang sebagai program pasch / Esty Prastyaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menulis karangan bahasa Jerman siswa kelas XI bahasa SMA Negeri 8 Malang sebagai program non pasch dan SMA Negeri 5 Malang sebagai program pasch / Esty Prastyaningtyas

Prastyaningtias, Esty (2012) Kemampuan menulis karangan bahasa Jerman siswa kelas XI bahasa SMA Negeri 8 Malang sebagai program non pasch dan SMA Negeri 5 Malang sebagai program pasch / Esty Prastyaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kemampuan Menulis Karangan Bahasa Jerman Pasch non Pasch Sebagai upaya untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Jerman beberapa SMA di Indonesia menjalin kerjasama sebagai sekolah kemitraan dengan institusi Jerman. Sekolah tersebut menjalin sebuah kerjasama melalui program Partner Schule (PASCH) atau Sekolah Sebagai Partner Masa Depan . Namun dalam penelitian ini dipilih sekolah program Pasch dan non Pasch yaitu SMAN 5 Malang dan SMAN 8 Malang. Keempat keterampilan berbahasa dalam pembelajaran bahasa Jerman di kedua sekolah tersebut terintegrasi antara satu dengan yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesatuan gagasan (kohesi) koherensi serta pengembangan kalimat dalam paragraf untuk karangan bahasa Jerman antara siswa non Pasch dengan siswa Pasch dan membandingkan hasil analisis tersebut berdasarkan aspek kohesi koherensi serta pengembangan kalimat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa SMAN 8 Malang dan siswa kelas XI Bahasa SMAN 5 Malang. Sumber data dalam penelitian ini berupa hasil karangan bahasa Jerman siswa dari masing-masing sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil karangan bahasa Jerman berdasarkan kohesi karangan baik siswa program non Pasch maupun siswa program Pasch didapatkan hasil yang kurang baik . Hal tersebut dikarenakan masih terdapat lebih dari satu ide pokok dalam satu paragraf yang sama. Berdasarkan aspek koherensi karangan siswa program non Pasch dan siswa Pasch sudah cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya penggunaan kata hubung kata ganti orang dan kata ganti milik dalam paragraf siswa. Hasil karangan siswa dari kedua sekolah berdasarkan pengembangan kalimat dalam paragraf masih kurang mendukung paragraf. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu 1) kurang tepatnya peletakkan kalimat dalam paragraf 2) tidak terlihatnya aspek koherensi antarkalimat dan 3) kalimat-kalimat tersebut mengandung ide pokok baru dalam satu paragraf.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11845

Actions (login required)

View Item View Item