Penerapan metode resitasi pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman tema identitas diri kelas XI Bahasa SMA Negeri 7 Malang / Zuhrun Nafis - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode resitasi pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman tema identitas diri kelas XI Bahasa SMA Negeri 7 Malang / Zuhrun Nafis

Nafis, Zuhrun (2012) Penerapan metode resitasi pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman tema identitas diri kelas XI Bahasa SMA Negeri 7 Malang / Zuhrun Nafis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci metode resitasi keterampilan menulis pelajaran bahasa Jerman. Keterampilan menulis adalah salah satu aspek berbahasa yang perlu diperhatikan selain keterampilan berbicara membaca dan menyimak. Bagi siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 7 Malang keterampilan menulis adalah keterampilan yang paling sulit. Berdasarkan data nilai siswa dan wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Jerman SMA Negeri 7 Malang peneliti memperoleh informasi bahwa siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 7 Malang mengalami kesulitan dalam keterampilan menulis bahasa Jerman. Metode yang bervariasi telah diterapkan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Jerman meskipun demikian siswa masih sering mengalami kesulitan dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman. Oleh karena itu peneliti menerapkan metode resitasi untuk membantu siswa dalam mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode resitasi pada pembelajaran keterampilan menulis surat pribadi bahasa Jerman tema Identitas Diri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan 3 instrumen penelitian yaitu pedoman observasi tes dan angket siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 7 Malang tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 9 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode resitasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis surat pribadi bahasa Jerman. Selain itu metode resitasi dapat memberikan suasana yang kondusif dalam perkembangan daya nalar dan kreativitas siswa. Dari hasil nilai tes menulis diketahui bahwa nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa adalah 81 1. Hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa telah memahami materi pembelajaran dengan baik karena standar ketuntasan minimal nilai pelajaran bahasa Jerman di SMA Negeri 7 Malang adalah 75. Di dalam penerapan metode resitasi terdapat juga kesulitan-kesulitan yang dihadapi peneliti yaitu (1) kesulitan dalam memilih tugas yang sesuai dengan perbedaan kemampuan siswa (2) kesulitan dalam mengalokasikan waktu karena metode ini terdiri dari beberapa fase pembelajaran dan (3) kesulitan dalam pemberian tugas dalam kelompok karena peneliti harus mengontrol apakah hasil pekerjaan diselesaikan oleh seluruh anggota/ kelompok atau beberapa orang saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11842

Actions (login required)

View Item View Item