Analisis kesalahan membaca pemahaman (Leseverstehen) mahasiswa dalam ujian Zids semester genap tahun 2010/2011 Jrusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Agus Faizi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan membaca pemahaman (Leseverstehen) mahasiswa dalam ujian Zids semester genap tahun 2010/2011 Jrusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Agus Faizi

Faizi, Agus (2012) Analisis kesalahan membaca pemahaman (Leseverstehen) mahasiswa dalam ujian Zids semester genap tahun 2010/2011 Jrusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Agus Faizi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kesalahan membaca pemahaman Detailverstehen ujian ZIDS Penelitian ini mengkaji masalah kesalahan berbahasa mahasiswa di dalam membaca pemahaman (Leseverstehen) pada ujian ZIDS di Program Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang. Latar belakang yang mendasari kajian mengenai kesalahan berbahasa dalam membaca pemahaman ini adalah kenyataan bahwa masih banyaknya mahasiswa yang tidak lulus dalam ujian ZIDS. Hal ini salah satunya disebabkan oleh kesulitan mahasiswa di dalam mengerjakan soalsoal ZIDS terutama dalam aspek ujian tertulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan dalam membaca pemahaman (Leseverstehen). Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil jawaban mahasiswa dalam ujian ZIDS Tahun 2010/2011 di Program Pendidikan Bahasa Jerman. Hasil penelitian ini dapat memberikan gambaran mengenai kesalahan paling dominan yang dibuat mahasiswa dalam membaca pemahaman. Dengan demikian dosen pengajar mata kuliah ZIDS Vorbereitung dapat memberikan perhatian yang lebih terhadap jenis membaca pemahaman yang masih sulit bagi mahasiswa. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang sebanyak 65 orang mahasiswa yang menjadi peserta ujian ZIDS. Adapun data dalam penelitian ini adalah hasil jawaban 65 mahasiswa tersebut pada ujian ZIDS. Instrumen yang digunakan terbagi atas dua bagian yaitu peneliti sebagai instrumen utama dan tabel berfungsi sebagai instrumen pembantu. Dari analisis yang dilakukan ditemukan bahwa jenis-jenis kesalahan yang paling dominan terletak pada jenis membaca detail (Detailverstehen) yakni sebesar 34 46%. Kesalahan pada membaca selektif (Selektivverstehen) ditemukan sebesar 24%. Dan kesalahan yang paling sedikit adalah kesalahan pada membaca global (Globalverstehen) yakni sebesar 12 31%. Oleh sebab itu penulis menyarankan kepada dosen pengajar mata kuliah ZIDS Vorbereitung untuk memberikan latihan yang lebih banyak pada aspek keterampilan membaca pemahaman (Leseverstehen) terutama pada jenis membaca detail (Detailverstehen). Selain itu mahasiswa hendaknya aktif bertanya apabila ada penjelasan yang belum dipahami. Mahasiswa sebaiknya lebih sering melakukan latihan pada membaca pemahaman terutama dalam jenis membaca detail (Detailverstehen) untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menjawab soal-soal dalam ujian ZIDS. iii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11841

Actions (login required)

View Item View Item