Penerapan media circular cards dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman pada kelas X SMA Negeri 6 Malang / Etri Dirvani Rizkia Girendha - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media circular cards dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman pada kelas X SMA Negeri 6 Malang / Etri Dirvani Rizkia Girendha

Girendha, Etri Dirvani Rizkia (2012) Penerapan media circular cards dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman pada kelas X SMA Negeri 6 Malang / Etri Dirvani Rizkia Girendha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran bahasa Jerman pembelajaran kosakata dan Media Circular Cards Kosakata merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam pembelajaran bahasa Jerman. Melalui kosakata siswa dapat menerapkan empat keterampilan berbahasa yaitu membaca menulis berbicara dan menyimak. Berdasarkan pengamatan peneliti pada saat Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMAN 6 Malang pada semester ganjil Tahun Ajaran 2011/2012 didapat hasil bahwa banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menggunakan kosakata khususnya Nomen dan Artikel dalam konteks. Dengan demikian perlu adanya pembelajaran kosakata bagi siswa salah satunya yaitu dengan menerapkan media Circular Cards dalam bentuk permainan pada pembelajaran kosakata bahasa Jerman dalam konteks. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan hasil penerapan media Circular Cards dalam pembelajaran kosakata pada siswa kelas X di SMAN 6 Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X 5-7 SMA Negeri 6 Malang. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas X 5-7 yang mengikuti pembelajaran kosakata bahasa Jerman. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi angket siswa dan guru serta tes tertulis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi angket dan tes. Berdasarkan hasil angket diketahui terdapat 14 dari 22 siswa (63 7 %) menyatakan sangat setuju bahwa penggunaan media Circular Cards dapat membantu pembelajaran kosakata Nomen dan Artikel. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penerapan media Circular Cards dalam bentuk permainan dapat menciptakan proses belajar yang lebih efektif dan membuat siswa menjadi lebih aktif. Selain itu media Circular Cards juga dapat membantu siswa dalam memahami kosakata bahasa Jerman. Penguasaan kosakata siswa dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas sebesar 84 7. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Circular Cards dapat diterapkan pada pembelajaran bahasa Jerman sehingga proses pembelajaran berjalan lebih efektif. Penerapan media tersebut juga membuat siswa lebih mudah memahami materi pelajaran dan lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil penelitian peneliti memberikan saran yaitu siswa diharapkan untuk selalu aktif dan meningkatkan motivasi belajar bahasa Jerman. Selain itu siswa dapat mempelajari kosakata secara mandiri dengan bantuan media Circular Cards.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11838

Actions (login required)

View Item View Item