Penerapan Laufdiktat pada pembelajaran bahasa Jerman siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang / Ellysa Yuniar Eka Wardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan Laufdiktat pada pembelajaran bahasa Jerman siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang / Ellysa Yuniar Eka Wardhani

Wardhani, Ellysa Yuniar Eka (2012) Penerapan Laufdiktat pada pembelajaran bahasa Jerman siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang / Ellysa Yuniar Eka Wardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Metode Laufdiktat kosakata Pengajaran kosakata saat ini semakin mendapatkan perhatian karena telah disadari bahwa pengajaran bahasa yang bersifat gramatikal dapat dikatakan kurang efisien. Pembelajaran kata benda bahasa Jerman merupakan salah satu dari sekian banyak macam pembelajaran dasar yang harus diajarkan kepada siswa terutama untuk pebelajar pemula. Kata benda dianggap paling penting karena kata benda merupakan bagian pokok suatu kosakata. Kosakata tersebut harus dikuasai oleh siswa agar mudah memahami suatu materi pembelajaran. Kata benda dalam bahasa Jerman selalu diawali dengan Artikel (kata sandang) yaitu jenis maskulin (der) feminin (die) dan neutral (das). Hal-hal tersebut tidak pernah ditemukan sebelumnya oleh siswa dalam bahasa Indonesia. Mengajarkan kosakata akan semakin menarik dan efektif jika menggunakan metode yang tepat. Laufdiktat (dikte berlari) merupakan salah satu bentuk dari metode dikte yang tepat dan dapat meningkatkan kosakata siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Laufdiktat dalam pembelajaran bahasa Jerman siswa kelas X di SMAN 7 Malang karena di sekolah ini belum pernah melaksanakan metode ini. Selain itu siswa mengalami kesulitan dalam menghafalkan kata benda. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X.3 tahun pelajaran 2009/2010 sebanyak 36 siswa. Untuk mendapatkan data instrumen yang digunakan adalah lembar observasi wawancara angket respon guru dan siswa dan lembar hasil pekerjaan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Laufdiktat merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran. Melalui metode ini siswa dapat meningkatkan kosakata dalam bahasa Jerman dan juga dapat menulis ejaannya dengan benar. Suasana belajar di dalam kelas akan lebih menyenangkan sehingga siswa lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil angket siswa sebanyak 75% yang menyatakan bahwa siswa menjadi lebih aktif ketika menggunakan metode ini dalam pelajaran. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar metode ini dapat diterapkan dalam matapelajaran bahasa asing pada keterampilan berbahasa yang berbeda dan sekaligus menggunakan penelitian ini sebagai dasar penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11836

Actions (login required)

View Item View Item