Penggunaan media tell me more dan implikasinya terhadap kemampuan mendengar siswa kelas XI Pasch SMA Negeri 1 Malang / Arieska Opta Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media tell me more dan implikasinya terhadap kemampuan mendengar siswa kelas XI Pasch SMA Negeri 1 Malang / Arieska Opta Sari

Sari, Arieska Opta (2012) Penggunaan media tell me more dan implikasinya terhadap kemampuan mendengar siswa kelas XI Pasch SMA Negeri 1 Malang / Arieska Opta Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci media pembelajaran CD interaktif kemampuan mendengar bahasa Jerman CD interaktif merupakan media pembelajaran yang dapat digunakan pada kegiatan KBM berlangsung. CD interaktif belum pernah digunakan oleh siswa kelas XI Pasch di SMA Negeri I Malang. Hal ini diketahui setelah penelliti melakukan pengamatan di kelas XI Pasch yang masih mempunyai banyak kekurangan pada kemampuan mendengar. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menggunakan media CD interaktif sebagai media pengajaran alternatif untuk kompetensi mendengar. CD interaktif Tell Me More merupakan media yang menarik dan sesuai digunakan oleh pemula. CD interaktif Tell Me More memiliki tampilan yang menyenangkan dan siswa mudah mempelajarinya. Dari alasan tersebut peneliti berpendapat bahwa media CD interaktif ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran di kelas XI Pasch. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media Tell Me More terhadap kemampuan mendengar siswa kelas XI Pasch SMA Negeri I Malang. Di dalam penelitian ini dipaparkan juga langkah-langkah pembelajaran dan proses berlangsungnya KBM selama penggunaan media CD interaktif Tell Me More. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah 7 siswa kelas XI IPA IPS dan Bahasa yang mengikuti program kelas Pasch SMA Negeri I Malang. Berdasarkan tingkat kedalaman analisis dan jumlah subyek yang terbatas maka penelitian ini termasuk jenis penelitian studi kasus. Data dalam penelitian ini adalah hasil pre-tes pos-tes dan hasil wawancara. Instrumen yang digunakan adalah tes dan pedoman observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media CD interaktif Tell Me More dapat meningkatkan kemampuan mendengar siswa. Hal ini terbukti dari hasil tes yang dilakukan saat pos-tes terdapat 5 siswa (dari 7 siswa) yang mendapatkan nilai baik bahkan 2 siswa diantaranya mendapatkan nilai sangat baik . Dibandingkan dengan hasil tes sebelumnya (pre-tes) tidak seorangpun siswa yang mendapat nilai baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media CD interaktif Tell Me More cocok digunakan sebagai media penunjang pembelajaran bahasa Jerman di kelas XI Pasch. Oleh karena itu peneliti menyarankan pada guru bidang studi bahasa Jerman di SMA Negeri I Malang untuk memanfaatkan media CD interaktif Tell Me More sebagai salah satu altenatif media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11829

Actions (login required)

View Item View Item