Penerapan latihan tata bahasa Jerman dengan menggunakan teknik EGRA (Exposure, Generalization, Reinforcemen, Application) pada siswa kelas X-MM 3 SMK Negeri 11Malang / Dewi Aisah

Aisah, Dewi (2012) Penerapan latihan tata bahasa Jerman dengan menggunakan teknik EGRA (Exposure, Generalization, Reinforcemen, Application) pada siswa kelas X-MM 3 SMK Negeri 11Malang / Dewi Aisah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: teknik EGRA, tata bahasa bahasa Jerman Dalam pembelajaran bahasa Jerman terdapat empat keterampilan berbahasa, yaitu mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Untuk dapat menguasai empat keterampilan berbahasa tersebut, maka penguasaan tata bahasa bahasa Jerman sangat diperlukan. Dalam pelaksanaannya, pembelajaran tata bahasa harus diintegrasikan ke dalam empat keterampilan bahasa tersebut atau minimal integrasi dari 2 keterampilan berbahasa (mendengar ÔÇô berbicara atau membaca - menulis, dsb). Pada pembelajaran bahasa Jerman di SMK Negeri 11 Malang, banyak siswa yang mengalami kesulitan terutama dalam memahami materi pembelajaran tata bahasa bahasa Jerman. Berdasarkan hal tersebut, dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik EGRA sebagai teknik pembelajaran untuk mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran bahasa Jerman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan latihan tata bahasa bahasa Jerman dengan menggunakan teknik EGRA. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X-MM 3 SMK Negeri 11 Malang yang berjumlah 39 orang. Data yang dikumpulkan adalah data proses kegiatan pembelajaran dan data hasil kuesioner siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik EGRA merupakan metode pembelajaran yang efektif digunakan dalam pembelajaran tata bahasa bahasa Jerman. Siswa mampu menemukan sendiri kaidah tata bahasa Jerman dari contoh-contoh yang diberikan sebelumnya dan menggunakannya dalam kegiatan komunikatif. Penerapan metode ini membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Sebagian besar siswa berpendapat bahwa metode ini dapat membantu siswa memahami materi pembelajaran bahasa Jerman. Oleh karena itu, disarankan pada guru mata pelajaran bahasa Jerman untuk menggunakan teknik EGRA sebagai alternatif dalam pembelajaran latihan tata bahasa bahasa Jerman

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11827

Actions (login required)

View Item View Item