Penerapan media uhrzahl kunterbunt pada pembelajaran angka dalam kemampuan berbicara bahasa jerman kelas akselerasi SMA Negri 8 Malang / Ghetriz Novian Anggraesty - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media uhrzahl kunterbunt pada pembelajaran angka dalam kemampuan berbicara bahasa jerman kelas akselerasi SMA Negri 8 Malang / Ghetriz Novian Anggraesty

Anggraesty, Ghetriz Novian (2011) Penerapan media uhrzahl kunterbunt pada pembelajaran angka dalam kemampuan berbicara bahasa jerman kelas akselerasi SMA Negri 8 Malang / Ghetriz Novian Anggraesty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Uhrzahl Kunterbunt pembelajaran angka kemampuan berbicara Penggunaan angka hampir tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Pembelajaran angka menjadi materi dasar yang penting dipelajari di sekolah. Pada materi pembelajaran angka di SMA Negeri 8 Malang siswa diarahkan untuk mempelajari angka seperti angka dasar nominal mata uang perhitungan dan bilangan jam. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti di kelas XI Akselerasi siswa masih kesulitan untuk mengucapkan angka dasar satuan dalam bahasa Jerman dengan benar sehingga siswa semakin kesulitan dan tampak ragu untuk mengucapkan angka-angka yang lebih kompleks. Penyampaian materi oleh guru dianggap kurang menarik oleh siswa dan guru hanya menjelaskan cara pembacaan angka-angka dasar kemudian siswa mengulangi pembacaan angka tersebut tanpa menggunakan media. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti menerapkan media Uhrzahl Kunterbunt sebagai salah satu alternatif media pembelajaran angka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media Uhrzahl Kunterbunt pada pembelajaran angka dalam kemampuan berbicara bahasa Jerman di kelas Akselerasi SMA Negeri 8 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah hasil observasi kegiatan pembelajaran secara umum hasil penilaian kemampuan berbicara siswa dan hasil angket siswa. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Akselerasi SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2010-2011 dengan jumlah 10 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Uhrzahl Kunterbunt pada pembelajaran angka dalam kemampuan berbicara bahasa Jerman di kelas Akselerasi SMA Negeri 8 Malang dapat membuat siswa lebih semangat dan aktif dalam pembelajaran angka. Berdasarkan hasil observasi dan angket siswa sebagian besar siswa tertarik untuk mempelajari angka dengan media Uhrzahl Kunterbunt. Selain itu dari hasil penilaian kemampuan berbicara penerapan media ini dapat membantu melatih kemampuan berbicara siswa khususnya kemampuan membuat kalimat sederhana dengan benar berdasarkan Verben yang tersedia yang dilengkapi dengan bilangan jam dan juga mengucapkannya dengan tepat. Berdasarkan hasil penelitian ini penerapan media Uhrzahl Kunterbunt dapat membuat siswa tertarik terhadap pembelajaran angka dan melatih kemampuan berbicara siswa. Oleh karena itu hendaknya guru memakai media ini pada proses pembelajaran khususnya pada materi pembelajaran angka. Selain itu bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menerapkan media Uhrzahl Kunterbunt dengan materi pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11823

Actions (login required)

View Item View Item