Penggunaan materi landeskunde pada tahap apersepsi dalam pembelajaran bahasa Jerman di kelas X-3 SMA Negeri 8 Malang / Mahardhika Dwi Atmaja - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan materi landeskunde pada tahap apersepsi dalam pembelajaran bahasa Jerman di kelas X-3 SMA Negeri 8 Malang / Mahardhika Dwi Atmaja

Atmaja, Mahardhika Dwi (2011) Penggunaan materi landeskunde pada tahap apersepsi dalam pembelajaran bahasa Jerman di kelas X-3 SMA Negeri 8 Malang / Mahardhika Dwi Atmaja. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci tahap apersepsi sikap belajar pembelajaran Bahasa Jerman Landeskunde Tahap apersepsi merupakan tahap paling awal yang singkat dalam kegiatan pembelajaran di kelas di mana guru memulai pelajaran dengan memasuki dan memacu pengetahuan yang telah dimiliki siswa untuk dikaitkan dengan isi materi pelajaran. Kegiatan pembelajaran tersebut dapat dimanfaatkan oleh guru untuk meningkatkan sikap belajar siswa yang sejak tahap aperspesi telah mengalami penurunan. Metode mengajar guru Bahasa Jerman di SMA Negeri 8 Malang dalam memulai pelajaran selama ini tidak cukup untuk mempersiapkan sikap belajar siswa karena guru hanya menanyakan materi yang telah lalu dan bahkan terkadang langsung kepada inti pembelajaran. Pelaksanaan penelitian bertujuan untuk memaksimalkan tahap apersepsi tersebut dengan sajian materi yang menarik sehingga dapat meningkatkan sikap belajar dalam bentuk perhatian dan motivasi siswa untuk belajar Bahasa Jerman. Materi tersebut adalah materi Landeksunde yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan kognitif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Malang dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif-kualitatif. Siswa kelas X-3 yang bertindak sebagai subjek penelitian dan sekaligus sumber data adalah sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket siswa dan pedoman observasi penelitian. Data dianalisis secara kualitatif dengan cara mendeskripsikan kegiatan pembelajaran pada tahap apersepsi dengan materi Landeskunde berikut nuansa belajar siswa. Triangulasi dengan teknik pemerolehan data digunakan sebagai sarana untuk menjaga keabsahan data dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa materi Landeskunde dapat dijadikan sebagai materi pada tahap apersepsi dalam pelajaran Bahasa Jerman karena dapat memacu pengetahuan yang telah dimiliki siswa terkait isi materi pelajaran. Di samping itu sikap belajar dari sebagian besar siswa dapat meningkat dengan timbulnya perhatian dan motivasi belajar. Meskipun demikian masih terdapat kekurangan dalam penelitian ini yaitu waktu penyampaian materi Landeskunde ini 5 menit lebih lama dari alokasi waktu yang direncanakan. Dengan hasil penelitian ini disarankan kepada guru bidang studi Bahasa Jerman di sekolah agar menggunakan materi Landeskunde sebagai materi pada tahap apersepsi untuk kegiatan belajar-mengajar Bahasa Jerman di kelas. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan agar dapat menemukan cara yang lebih efektif dalam mempergunakan tahap apersepsi pembelajaran Bahasa Jerman supaya sikap belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11821

Actions (login required)

View Item View Item