Penggunaan media drei sterne untuk keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI-KT SMA Negeri 1 Malang / Dian Aditya Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media drei sterne untuk keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI-KT SMA Negeri 1 Malang / Dian Aditya Wardani

Wardani, Dian Aditya (2011) Penggunaan media drei sterne untuk keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI-KT SMA Negeri 1 Malang / Dian Aditya Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Pembelajaran Drei Sterne Keterampilan Berbicara Berdasarkan hasil observasi kesulitan yang dialami siswa kelas XI-KT SMA Negeri 1 Malang dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman antara lain (1) siswa kurang aktif dalam mengemukakan ide dan pendapatnya pada saat pelajaran dan (2) siswa ragu-ragu malu dan takut melakukan kesalahan dalam menyatakan gagasannya tersebut di depan siswa lainnya terlebih lagi di hadapan guru. Selain itu jika dikaji lebih dalam kalimat-kalimat yang dihasilkan siswa pada saat mengutarakan kalimat sederhana dalam bahasa Jerman masih jauh dari yang diharapkan. Media pembelajaran merupakan suatu perantara (alat) yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Drei Sterne adalah media pembelajaran yang berbasis permainan. Indikator pembelajaran keterampilan berbicara dalam penelitian ini adalah siswa mampu menyebutkan ujaran (kata/frasa) mengajukan dan menjawab pertanyaan serta melakukan percakapan sederhana tentang tema Wisata yang sesuai dengan niveau A1. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan media Drei Sterne serta untuk mengetahui bagaimanakah implikasinya terhadap keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI-KT di SMA Negeri 1 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 35 orang siswa kelas XI KT-2 bahasa Jerman. Data dalam penelitian ini adalah semua hasil observasi pada proses pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman dengan menggunakan media Drei Sterne serta hasil angket dan tes siswa pada saat berbicara menggunakan media ini. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Drei Sterne dapat mempermudah siswa dalam mengingat kembali dan menghafal ujaran-ujaran dalam percakapan sehingga subjek memiliki keberanian dan rasa percaya diri untuk aktif berbicara bahasa Jerman dalam kaitannya dengan tema Wisata. Rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 83. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media Drei Sterne memberikan implikasi terhadap keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa. Akan tetapi dari 35 siswakelas XI KT-2 5 siswa memperoleh nilai di bawah KKM karena kurangnya kemampuan dalam mengungkapkan dan melafalkan kalimat. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan kepada para pengajar untuk menggunakan media Drei Sterne sebagai alternatif lain dalam mengajarkan bahasa Jerman khususnya pembelajaran keterampilan berbicara. Penggunaan media ini juga harus ditunjang dengan rencana pembelajaran yang tepat serta disesuaikan dengan situasi dari setiap kelas. Untuk para peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan media ini dengan tema-tema dan tujuan pembelajaran yang berbeda serta bentuk soal yang lebih variatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11820

Actions (login required)

View Item View Item