Penggunaan metode quantum learning dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 7 Malang / Sheidy Yudhiasta - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan metode quantum learning dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 7 Malang / Sheidy Yudhiasta

Yudhiasta, Sheidy (2011) Penggunaan metode quantum learning dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 7 Malang / Sheidy Yudhiasta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci metode Quantum Learning keterampilan menulis Metode pembelajaran bahasa Jerman yang digunakan oleh guru masih konvensional yaitu dengan metode ceramah. Model pembelajaran konvensional seperti itu terkesan kaku monoton dan sangat formal. Dengan metode tersebut murid terlihat jenuh dan kurang bersemangat. Penggunaan metode ini mengakibatkan keadaan kelas menjadi kaku sehingga siswa menjadi tidak nyaman dalam kegiatan pembelajaran. Akibatnya materi pembelajaran yang sedang diberikan tidak dapat diterima siswa dengan baik. Dalam kegiatan menulis dibutuhkan situasi pembelajaran yang nyaman sehingga karangan yang ditulis siswa tidak monoton dan lebih bervariasi. Berdasarkan hal tersebut peneliti menggunakan metode Quantum Learning sebagai metode pembelajaran untuk keterampilan menulis khususnya pembelajaran menulis surat pribadi agar siswa dapat menulis dengan nyaman dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Quantum Learning dalam pembelajaran keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran bahasa Jerman. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 7 Malang yang berjumlah 26 orang. Data yang dikumpulkan adalah data proses kegiatan pembelajaran dan data hasil kuesioner siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian mengenai penggunaan metode Quantum Learning ini menunjukkan bahwa metode ini merupakan metode pembelajaran yang menarik. Hal ini disebabkan oleh penggunaan media-media baru yang tidak pernah digunakan oleh guru sebelumnya sehingga siswa menjadi lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran. Penerapan metode Quantum Learning ini mempermudah siswa dalam menulis surat pribadi dalam bahasa Jerman. Sebelum menggunakan metode Quantum Learning banyak siswa melakukan kesalahan dalam tata bahasa kosakata dan pengembangan kalimat. Kesalahan-kesalahan tersebut semakin berkurang setelah metode Quantum Learning ini diterapkan. Kemampuan menulis siswa dengan metode ini sudah cukup baik. Hal ini terbukti dari nilai yang diperoleh sebagian besar siswa yang sudah memenuhi Standar Kentuntasan Minimum (SKM) yang ditentukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Quantum Learning merupakan metode pembelajaran yang menyenangkan. Siswa merasa nyaman sehingga dapat mengikuti pembelajaran dengan santai. Oleh karena itu peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran bahasa Jerman untuk menggunakan metode Quantum Learning dalam pembelajaran bahasa Jerman. Disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian tentang penerapan metode Quantum Learning pada keterampilan berbahasa yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11819

Actions (login required)

View Item View Item