Penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) pada keterampilan menulis siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 5 Malang / Novita Kartikasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) pada keterampilan menulis siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 5 Malang / Novita Kartikasari

Kartikasari, Novita (2011) Penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) pada keterampilan menulis siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 5 Malang / Novita Kartikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model pembelajaran CIRC keterampilan menulis Pembelajar bahasa khususnya pembelajar bahasa Jerman harus menguasai empat keterampilan berbahasa yaitu menyimak berbicara membaca dan menulis. Menulis dalam bahasa Jerman bukan hal yang mudah terlebih bagi pembelajar bahasa pemula seperti siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 5 Malang. Keterampilan menulis dilatihkan bergantian dengan tiga keterampilan berbahasa yang lainnya sehingga siswa memperoleh waktu lebih sedikit dalam berlatih keterampilan menulis. Oleh karena itu peneliti menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) agar keterampilan menulis dapat dikuasai dengan baik. Pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman dengan menerapkan model pembelajaran CIRC mendorong siswa untuk mengemukakan ide dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan model pembelajaran CIRC dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan instrument observasi kuisioner dan tes dengan peneliti sebagai instrumen utama. Observasi digunakan untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan selama proses pembelajaran sedangkan kuisioner digunakan untuk mengetahui tanggapan dan pendapat siswa tentang model pembelajaran CIRC. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 5 Malang yang berjumlah 8 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran CIRC merupakan model pembelajaran yang efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman. Siswa mampu menulis ringkasan wacana dengan menggunakan kosa kata dan penulisan yang tepat. Penerapan model pembelajaran ini membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran serta mampu membantu siswa dalam menulis karangan berbahasa Jerman. Oleh karena itu disarankan pada guru mata pelajaran bahasa Jerman untuk menerapkan model pembelajaran CIRC.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11813

Actions (login required)

View Item View Item