Penerapan metode teams games tournament (TGT) pada keterampilan membaca pembelajaran bahasa jerman kelas X-KT SMAN 1 Malang / Devi Ambarwati Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode teams games tournament (TGT) pada keterampilan membaca pembelajaran bahasa jerman kelas X-KT SMAN 1 Malang / Devi Ambarwati Puspitasari

Puspitasari, Devi Ambarwati (2011) Penerapan metode teams games tournament (TGT) pada keterampilan membaca pembelajaran bahasa jerman kelas X-KT SMAN 1 Malang / Devi Ambarwati Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Metode Teams Games Tournamnet (TGT) Keterampilan Membaca Pembelajaran bahasa Jerman terdiri dari empat keterampilan berbahasa yakni mendengar berbicara membaca dan menulis. Pada pembelajaran bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Malang banyak siswa yang mengalami kesulitan khususnya dalam keterampilan membaca. Kesulitan tersebut salah satunya dikarenakan kurang efektifnya metode pembelajaran yang digunakan. Berdasarkan hal tersebut dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode TGT sebagai metode pembelajaran untuk mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran bahasa Jerman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode TGT dalam pembelajaran bahasa Jerman. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X-KT SMA Negeri 1 Malang yang berjumlah 30 orang. Data yang dikumpulkan adalah data proses kegiatan pembelajaran dan data hasil kuesioner siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode TGT dalam pembelajaran bahasa Jerman pada penelitian ini berjalan sesuai dengan tahapan-tahapan pembelajaran metode TGT. Selain itu penerapan metode ini mampu memberikan suasana belajar yang baru dan menyenangkan bagi siswa serta menjadikan siswa lebih aktiv. Hal itu terlihat saat siswa berlomba menyelesaikan soal-soal yang diberikan dalam turnamen. Sebagian besar siswa berpendapat bahwa metode ini dapat membantu siswa memahami materi pembelajaran bahasa Jerman. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran bahasa Jerman untuk menerapkan metode TGT secara berkelanjutan sehingga dapat diperoleh hasil yang maksimal. Sebaiknya metode TGT dapat diterapkan pada keterampilan yang lainnya yaitu mendengar berbicara dan menulis. Siswa disarankan untuk selalu hadir dalam pelajaran bahasa Jerman dan lebih banyak berlatih dalam kegiatan membaca. Peneliti selanjutnya hendaknya menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan acuan untuk melakukan penelitian pada keterampilan berbahasa yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11808

Actions (login required)

View Item View Item