Pengajaran bahasa Jerman dengan metode total physical response bagai anak berkebutuhan khusus sebagai bahasa asing di Sekolah Luar Biasa Pasuruan (studi kasus) / Dewi Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengajaran bahasa Jerman dengan metode total physical response bagai anak berkebutuhan khusus sebagai bahasa asing di Sekolah Luar Biasa Pasuruan (studi kasus) / Dewi Anggraeni

Anggraeni, Dewi (2011) Pengajaran bahasa Jerman dengan metode total physical response bagai anak berkebutuhan khusus sebagai bahasa asing di Sekolah Luar Biasa Pasuruan (studi kasus) / Dewi Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci metode Total Physical Response keterampilan berbicara bahasa Jerman Anak berkebutuhan khusus adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya. Banyak sekali jenis anak berkebutuhan khusus yaitu tunanetra tunarungu tunagrahita autis tunalaras tunadaksa dan down syndrome. Penelitian ini dilakukan karena peneliti ingin membuktikan bahwa pengajaran bahasa Jerman dengan meted Total Physical Responsebisa diajarkan bagi anak berkebutuhan khusus sebagai bahasa asing di sekolah luar biasa. Masalah yang diteliti adalah bagaimana pengajaran bahasa Jerman bagi anak berkebutuhan khusus sebagai bahasa asing di sekolah luar biasa Pasuruan. Metode Total Physical Response adalah salah satu alternatif metode yang dapat digunakan dalam pengajaran bahasa Jerman khususnya anak tunanetra. Dari pengamatan awal yang dilakukan peneliti diketahui bahwa siswa kelas X SMALB Negeri Kota Pasuruan dan SMALB Negeri Pandaan belum pernah belajar bahasa Jerman. Oleh karena itu metode ini sangat cocok digunakan selama penelitian berlangsung karena hanya mementingkan sensor motorik dan kemampuan berbicara saja. Hal itu memudahkan siswa tunanetra untuk belajar bahasa Jerman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran siswa tunanetra dengan metode Total Physical Response dalam proses belajar mengajar keterampilan berbicara bahasa Jerman di SMALB Negeri Kota Pasuruan dan SMALB Negeri Pandaan. Selain itu penelitian ini juga mendeskripsikan proses belajar mengajar siswa tunanetra di SMALB Negeri Kota Pasuruan dan SMALB Negeri Pandaan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas namun dalam menganalisis data peneliti menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah 3 siswa tunanetra di SMALB Negeri Kota Pasuruan dan SMALB Negeri Pandaan. Data yang diambil berupa kemampuan yang dimiliki oleh anak berkebutuhan khusus dalam belajar bahasa Jerman. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa tunanetra bisa belajar bahasa Jerman dengan menggunakan metode Total Physical Response dan kemampuan mereka tidak jauh berbeda dengan siswa normal. Terbukti dari hasil penelitian saat siswa tunanetra belajar bahasa Jerman siswa tunanetra mampu mengingat dan menunjukkan benda-benda dalam bahasa Jerman berhitung dan memperkenalkan dirinya dalam bahasa Jerman. oleh karena itu peneliti menyarankan kepada guru bidang studi bahasa Inggris di SMALB untuk memanfaatkan metode Total Physical Response salah satu alternatif metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11803

Actions (login required)

View Item View Item