Penggunaan wortschatzliste dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman di SMA Negeri 8 Malang / Agnes Buranda - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan wortschatzliste dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman di SMA Negeri 8 Malang / Agnes Buranda

Buranda, Agnes (2011) Penggunaan wortschatzliste dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman di SMA Negeri 8 Malang / Agnes Buranda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Wortschatzliste membaca Pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman di sekolah sudah seharusnya mendapat perhatian agar siswa tidak hanya asal membaca tanpa mengerti isi dari teks yang dibaca. Dalam kenyataan di sekolah teknik pembelajaran membaca bahasa Jerman dengan mendikte atau membahas kosakata sukar dalam teks secara lisan dianggap kurang efisien terutama bagi pembelajar bahasa asing pemula. Siswa menjadi kurang aktif di kelas dan cepat lupa dengan penjelasan dari guru. Salah satu strategi yang digunakan untuk memahami teks secara detail adalah detailiertes Verstehen. Strategi tersebut menggunakan banyak teknik salah satunya adalah teknik Wortschatzliste. Konsep teknik Wortschatzliste adalah dengan menemukan kosakata baru yang merupakan kata kunci untuk memahami teks secara utuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Wortschatzliste dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman serta mendeskripsikan implikasi penggunaan Wortschatzliste terhadap nilai membaca siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang mengikuti mata pelajaran bahasa Jerman sebanyak 7 orang. Data dalam penelitian ini adalah data hasil tes data hasil angket siswa dan guru dan data hasil catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Wortschatzliste merupakan salah satu teknik membaca yang dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan membaca. Melalui teknik ini siswa dapat memahami teks dengan lebih mudah. Hasil tes rata-rata membaca siswa adalah 76 57. Standar nilai yang digunakan SMAN 8 Malang berdasarkan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah 75. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata siswa dapat memahami teks dengan cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar Wortschatzliste ini dapat diterapkan sebagai salah satu teknik dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman dan sekaligus sebagai dasar bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11801

Actions (login required)

View Item View Item