Pengembangan media pembelajaran modul digital pelajaran IPS kelas V SDI bilingual Surya Buana Malang / Luluk Wibawa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran modul digital pelajaran IPS kelas V SDI bilingual Surya Buana Malang / Luluk Wibawa

Wibawa, Luluk (2010) Pengembangan media pembelajaran modul digital pelajaran IPS kelas V SDI bilingual Surya Buana Malang / Luluk Wibawa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wibawa Luluk. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Modul Digital Pelajaran IPS Kelas V SDI Bilingual Surya Buana Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Anselmus J.E Toenlioe M.Pd. (II) Drs. Abdul Manan M.Pd. Kata kunci Pengembangan Media Pembelajaran Modul Digital Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Penggunaan media pembelajaran diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret kepada siswa dan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran sebagai contoh yaitu media pembelajaran modul digital. Tujuan dalam penelitian pengembangan ini adalah (1) Menghasilkan media yang memiliki validitas untuk keperluan pembelajaran IPS kelas V SDI Bilingual Surya Buana Malang (2) Mendeskripsikan bahwa media pembelajaran modul digital pada pelajaran IPS kelas V dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kegiatan pengembangan meliputi uji coba ahli media ahli materi dan responden siswa. Subjek uji coba pengembangan media pembelajaran modul digital mata pelajaran IPS adalah 27 siswa kelas V di SDI Bilingual Surya Buana Malang. Instrument pengumpulan data menggunakan angket untuk ahli media ahli materi responden siswa dan instrument motivasi pembelajaran IPS dengan menggunakan media pembelajaran modul digital. Sedangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa instrument yang digunakan adalah pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian media pembelajaran modul digital ini divalidasikan oleh ahli media sebanyak 2 orang ahli materi sebanyak 2 orang uji coba kelompok kecil sebanyak 7 orang siswa dan uji coba kelompok besar sebanyak 20 orang siswa. Setelah dianalisis diperoleh (1) hasil uji coba ahli media memperoleh hasil 92% dan telah memenuhi kriteria valid uji coba ahli materi menunjukkan hasil 84 2% dan memenuhi kriteria valid uji coba kelompok kecil diperoleh hasil 80 2% dan memenuhi kriteria valid uji coba kelompok besar diperoleh hasil 81 25% dan memenuhi kriteria valid (2) keefektifitasan media dapat dilihat dari perbandingan hasil belajar siswa secara keseluruhan data siswa diperoleh peningkatan sebesar 27 4 hal ini menunjukkan media pembelajaran modul digital cukup dapat memberikan efek positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa secara menyeluruh (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran modul digital dan pembelajaran tanpa menggunakan media pembelajaran modul digital hal ini dapat dilihat dari grafik Perbedaan Pre Test dan Post Test Tiap Siswa. Atas dasar-dasar yang diperoleh tersebut media pembelajaran modul digital untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V efektif digunakan dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/118

Actions (login required)

View Item View Item