Kesalahan pemilihan kata daam karangan mahasiswa Sastra Jerman ditinjau dari segi makna / Yulia Primawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesalahan pemilihan kata daam karangan mahasiswa Sastra Jerman ditinjau dari segi makna / Yulia Primawati

Primawati, Yulia (2011) Kesalahan pemilihan kata daam karangan mahasiswa Sastra Jerman ditinjau dari segi makna / Yulia Primawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kesalahan Kata Karangan Mahasiswa Makna Menulis merupakan tingkatan keterampilan berbahasa yang yang paling kompleks sebab kegiatan ini mempunyai hubungan dengan proses berpikir serta keterampilan ekspresi dalam bentuk tulisan. Berdasarkan pengalaman dan pengamatan peneliti pada saat menempuh matakuliah Aufsatz II masih banyak mahasiswa yang kurang tepat dalam memilih kosakata dan juga kurang menguasai tata bahasa Jerman meskipun mahasiswa telah mengikuti matakuliah Aufsatz I. Kesalahan tersebut adalah pemilihan kata yang benar secara gramatikal namun tidak tepat ditinjau dari segi makna. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan pemilihan kata yang dibuat oleh mahasiswa dalam karangan dari segi makna dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan tersebut. Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti mendeskripsikan bentuk kesalahan pemilihan kata yang dibuat oleh mahasiswa dalam karangan ditinjau dari segi makna dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan tersebut. Data dalam penelitian ini berupa kalimat yang tidak tepat dalam pemilihan kata ditinjau dari segi makna dalam tema (a) Inhaltsangaben (b) Vorgangsbeschreibung (c) Informeller Brief. Sumber data adalah 14 orang mahasiswa offering AA angkatan 2008 yang sedang mengikuti matakuliah Aufsatz II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari keseluruhan analisis kesalahan pemilihan kata ditinjau dari segi makna ditemukan kesalahan pemilihan kata kerja (Verben) sebanyak 20 (dua puluh) kesalahan kesalahan pemilihan kata benda (Nomen) sebanyak 32 (tiga puluh dua) kesalahan dan kesalahan pemilihan kata depan (Pr positionen) sebanyak 4 (empat) kesalahan. Jumlah keseluruhan kesalahan adalah 56 (lima puluh enam) kesalahan. Selain itu faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa melakukan kesalahan pemilihan kata ditinjau dari segi makna adalah (1) mahasiswa baru belajar bahasa Jerman di bangku perkuliahan (2) mahasiswa kesulitan dalam pemilihan kata saat mengarang bahasa Jerman (3) mahasiswa kurang cermat dalam memilih kata (4) mahasiswa menerjemahkan langsung dari bahasa Indonesia ke bahasa Jerman (5) mahasiswa kurang berbicara dalam bahasa Jerman (6) mahasiswa kurang membaca buku-buku dalam bahasa Jerman dan (7) mahasiswa kurang berlatih menulis dalam bahasa Jerman. Bertolak dari temuan penelitian di atas dapat disarankan kepada dosen untuk lebih memperkenalkan dan memotivasi mahasiswa dengan banyak kosa kata baru serta penggunaan kata tersebut menurut konteksnya. Bagi mahasiswa disarankan agar lebih banyak membaca mendengar dan berlatih menulis serta lebih cermat memilih kata dalam bahasa Jerman. Selain itu pula disarankan mahasiswa tidak menerjemahkan langsung dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Jerman sehingga tidak terjadi kesalahan konteks makna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11794

Actions (login required)

View Item View Item