Persepsi siswa terhadap penggunaan buku ajar bahasa Jerman di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Ayu Trisnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa terhadap penggunaan buku ajar bahasa Jerman di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Ayu Trisnawati

Trisnawati, Ayu (2011) Persepsi siswa terhadap penggunaan buku ajar bahasa Jerman di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Ayu Trisnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Persepsi Kontakte Deutsch Extra Pembelajaran bahasa Jerman. Penggunaan buku ajar dalam pembelajaran bahasa Jerman merupakan hal yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Pada umumnya untuk pelajaran bahasa Jerman setiap sekolah menggunakan buku Kontakte Deutsch Extra sebagai buku ajar utama di kelas XI. Ditinjau dari sudut teori mengajar sistem pembelajaran lebih membuka peluang dalam penggunaan berbagai cara belajar dan media sehingga terdapat perbedaan-perbedaan dan keunikan individu dalam memberi respon. Masing-masing individu memiliki persepsi yang berbeda terhadap suatu informasi. Persepsi merupakan kesimpulan sesorang terhadap sesuatu melalui proses menyeleksi mengorganisasi dan menginterpretasi suatu rangsangan atau stimulus dari lingkungan. Persepsi mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran termasuk dalam mempelajari bahasa Jerman. Persepsi terhadap bahasa Jerman timbul jika siswa mendapatkan rangsangan. Rangsangan tersebut bisa berupa informasi yang berhubungan dengan bahasa Jerman dan penggunaannya di kelas atau berupa informasi lain yang diperoleh siswa diluar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap buku ajar Kontakte Deutsch Extra dan persepsi siswa terhadap penggunaan buku ajar Kontakte Deutsch Extra dalam mata pelajaran bahasa Jerman di SMA Laboratorium UM. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI program IPA 2 dan IPS 2 yang berjumlah 65 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian berupa angket skala Likert. Hasilnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa SMA Laboratorium UM memberikan persepsi yang baik terhadap buku Kontakte Deutsch Extra. Hal ini terbukti dengan hasil prosentase sebanyak (77 78%). Hal tersebut dikarenakan buku Kontakte Deutsch Extra dapat memberikan semangat kepada siswa untuk belajar dan sangat membantu dalam melatih kemampuan berbahasa Jerman karena materi yang ada di dalam buku Kontakte Deutsch Extra sudah sesuai dengan kemampuan siswa. Siswa SMA Laboraotrium UM memberikan persepsi yang baik terhadap penggunaan buku Kontakte Deutsch Extra dalam mata pelajaran bahasa Jerman. Hal ini terbukti dengan hasil prosentase sebanyak (65 07%). Hal tersebut dikarenakan siswa lebih suka menggunakan buku Kontakte Deutsch Extra dalam kegiatan belajar mengajar apalagi jika didukung dengan penggunaan media pembelajaran. Jumlah buku yang ada di SMA Laboratorium UM juga sudah sesuai dengan jumlah siswa sehingga tercipta suasana pembelajaran yang tertib. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan hal-hal sebagai berikut. Kepada guru bahasa Jerman untuk lebih mengoptimalkan penggunaan buku Kontakte Deutsch Extra yang merupakan bahan ajar utama karena siswa menyukai buku tersebut. Bagi siswa disarankan untuk lebih meningkatkan semangat dan minat belajar dengan cara mencari informasi lebih lanjut mengenai negara Jerman melalui alamat-alamat website yang sudah tersedia di buku Kontakte Deutsch Extra. Bagi peneliti selanjutnya bisa mengkaji lebih dalam bagaimana persepsi siswa dari unsur-unsur lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11793

Actions (login required)

View Item View Item