Pengaruh penggunaan media kartu kwartet terhadap minat dan keterampilan berbicara bahasa jerma siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang / Ainun Nisak - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media kartu kwartet terhadap minat dan keterampilan berbicara bahasa jerma siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang / Ainun Nisak

Nisak, Ainun (2011) Pengaruh penggunaan media kartu kwartet terhadap minat dan keterampilan berbicara bahasa jerma siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang / Ainun Nisak. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci media pembelajaran kartu kwartet minat keterampilan berbicara Media pembelajaran merupakan salah satu alat bantu yang efektif dalam pembelajaran. SMA Negeri 1 Malang merupakan salah satu SMA di Malang yang sering menggunakan media pada tiap pembelajaran. Dalam berbicara siswa masih belum mampu berbicara dengan lancar. Selain itu beberapa siswa belum mampu menjawab pertanyaan sederhana secara spontan tanpa melihat catatan. Minat siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Jerman juga belum diketahui secara pasti. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang mampu mengatasi kesulitan yang dialami oleh siswa dan dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran bahasa Jerman. Media yang dapat digunakan adalah kartu kwartet. Salah satu kelebihan dari media ini yaitu mudah diingat karena kartu berwarna warni. Untuk mengetahui nama sebuah benda dapat dibantu dengan melihat hurufnya untuk mengetahui apa wujud sebuah benda atau konsep dengan melihat gambarnya. Kartu kwartet dalam penelitian ini diperuntukkan bagi kelas X dengan tema benda-benda di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara 1) minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media kartu kwartet dan 2) keterampilan berbicara siswa sebelum dan sesudah menggunakan media kartu kwartet dalam pembelajaran bahasa Jerman. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pra-eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang yang mempelajari bahasa Jerman sebagai bahasa asing pilihan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X KT 1 SMA Negeri 1 Malang. Peneliti menggunakan sampel bertujuan (purposive sample). Data diperoleh dari nilai angket awal angket akhir tes awal dan tes akhir. Data dianalisis dengan menggunakan uji wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat perbedaan yang positif dan signifikan antara minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media kartu kwartet dengan nilai Z sebesar -4795 dan nilai probabilitas (Sig.) 0.000. Nilai probabilitas (Sig.) 0.000 0.05 dan 2) terdapat perbedaan yang positif dan signifikan antara keterampilan berbicara siswa sebelum dan sesudah menggunakan media kartu kwartet dalam pembelajaran bahasa Jerman dengan nilai Z sebesar -4903 dan nilai probabilitas (Sig.) 0.002. Nilai probabilitas (Sig.) 0.002 0.05. Artinya sesudah menggunakan media kartu kwartet minat dan keterampilan berbicara siswa meningkat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media kartu kwartet berpengaruh terhadap minat dan keterampilan berbicara siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kwartet memberikan suasana belajar yang baru untuk siswa. Media ini dapat membantu siswa menghafal kosakata. Oleh karena itu peneliti menyarankan kepada guru untuk menggunakan kartu kwartet sebagai alternatif lain media pembelajaran bahasa Jerman. Untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti tentang media pembelajaran dengan variasi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11792

Actions (login required)

View Item View Item