Pengembangan modul pembelajaran keterampilan mendengar dan menulis bahasa Jerman siswa kelas XII SMA Negeri 1 Malang / Monica Aprilia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran keterampilan mendengar dan menulis bahasa Jerman siswa kelas XII SMA Negeri 1 Malang / Monica Aprilia

Aprilia, Monica (2011) Pengembangan modul pembelajaran keterampilan mendengar dan menulis bahasa Jerman siswa kelas XII SMA Negeri 1 Malang / Monica Aprilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan modul pembelajaran bahasa Jerman Modul merupakan suatu paket belajar mandiri yang berisikan materi dan latihan yang disusun secara sistematis sehingga siswa dapat segera mengetahui dan mengevaluasi hasil belajarnya serta memperbaiki kesalahannya. Berdasarkan observasi yang dilakukan sebelum pengembangan produk diketahui bahwa sebagian besar siswa tidak memiliki buku teks dan hanya mengandalkan materi yang diberikan oleh guru pada saat proses belajar mengajar di kelas. Waktu belajar di kelas yang hanya dua jam menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam keterampilan berbahasa khususnya dalam keterampilan mendengar dan menulis. Kedua keterampilan berbahasa tersebut memiliki hubungan penting dan dapat dilatihkan secara bersama-sama dalam pembelajaran. Melalui keterampilan mendengar siswa dapat mengenali dan memahami kata kunci dan kosakata dalam bahasa lisan. Hal tersebut mempengaruhi kemampuan siswa dalam keterampilan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran keterampilan mendengar dan menulis bahasa Jerman untuk siswa kelas XII agar siswa dapat belajar secara mandiri. Selain itu modul juga dapat dijadikan alternatif bahan ajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari subjek uji coba yaitu ahli materi ahli desain guru mata pelajaran dan 30 siswa kelas XII Keterampilan (KT) SMA Negeri 1 Malang. Hasil angket validasi dan angket uji coba disajikan dalam prosentase. Menurut ahli materi modul sudah valid dengan prosentase sebesar 96% sementara itu ahli desain berpendapat bahwa modul valid dengan prosentase sebesar 87 5%. Guru mata pelajaran menyatakan bahwa modul cukup valid dengan prosentase sebesar 75%. Siswa berpendapat bahwa modul valid dengan prosentase 85 4%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Jerman dengan sedikit revisi. Saran yang diajukan kepada pengembang selanjutnya adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran dengan tema keterampilan berbahasa atau tingkatan kelas lainnya. Penyempurnaan modul dengan ilustrasi dan desain yang lebih menarik juga dapat dilakukan. Selain itu uji coba di lapangan dapat dilakukan lebih dari satu kali agar kesalahan-kesalahan dalam modul dapat diperbaiki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11791

Actions (login required)

View Item View Item