Penerapan metode experiential learning pada keterampilan menulis narasi bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Nadia Choirunnisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode experiential learning pada keterampilan menulis narasi bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Nadia Choirunnisa

Choirunnisa, Nadia (2010) Penerapan metode experiential learning pada keterampilan menulis narasi bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Nadia Choirunnisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci keterampilan menulis menulis narasi metode Experiential Learning Menulis merupakan keterampilan berbahasa paling sulit diantara ketiga keterampilan berbahasa lainnya. Hal ini dikarenakan banyaknya syarat yang harus dipenuhi oleh seseorang jika menulis sebuah karangan. Oleh karena itu banyak peserta didik yang mengalami kesulitan untuk menulis sebuah karangan. Berdasarkan hal tersebut peneliti menggunakan metode Experiential Learning sebagai metode pengajaran untuk keterampilan menulis narasi. Dalam metode Experiential Learning pengalaman mempunyai peran sentral dan dalam hal ini kegiatan yang pernah dialami oleh peserta didik dapat dijadikan suatu pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Experiential Learning pada menulis narasi bahasa Jerman di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang dan untuk mengetahui implikasi penerapan metode Experiential Learning pada keterampilan menulis narasi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitiannya adalah (1) observasi (2) tes menulis siswa (3) kuesioner. Sumber datanya adalah siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang kelas XI Bahasa tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Experiential Learning efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dan membuat siswa lebih berminat dalam menulis dan lebih aktif dalam pembelajaran. Dalam penerapan metode Experiential Learning ini terdapat implikasi nilai terhadap penerapan metode Experiential Learning dalam keterampilan menulis narasi siswa. Hal ini terbukti dari hasil tes menulis siswa yang memperoleh nilai rata-rata 80 33 dan nilai tersebut masuk dalam kategori baik. Adapun dari 30 siswa kelas XI Bahasa hanya sembilan siswa saja yang tidak tuntas dalam keterampilan menulis. Oleh karena itu disarankan kepada guru mata pelajaran bahasa Jerman untuk menggunakan metode Experiential Learning. Kepada peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian dengan menerapkan metode Experiential Learning pada pada mata pelajaran bahasa Jerman dengan kompetensi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11781

Actions (login required)

View Item View Item