Penggunaan strategi OTTL (Observasi, Tanya, Tulis, dan Laporkan) dalam penyusunan karangan mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang pada matakuliah aufsatz 1 / Reisya Benazir Aleida - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan strategi OTTL (Observasi, Tanya, Tulis, dan Laporkan) dalam penyusunan karangan mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang pada matakuliah aufsatz 1 / Reisya Benazir Aleida

Aleida, Reisya Benazir (2010) Penggunaan strategi OTTL (Observasi, Tanya, Tulis, dan Laporkan) dalam penyusunan karangan mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang pada matakuliah aufsatz 1 / Reisya Benazir Aleida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci strategi OTTL keterampilan menulis matakuliah Aufsatz 1 Menulis adalah sarana untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Seorang penulis harus memperhatikan setiap hal yang ia tulis untuk menghindari kesalahpahaman pembaca. Menulis membutuhkan perhatian dan kecermatan yang lebih oleh karena itu menulis menjadi suatu keterampilan bahasa yang sulit. Matakuliah Aufsatz 1 adalah matakuliah di Jurusan Sastra Jerman yang khusus mempelajari cara menghasilkan tulisan atau karangan yang baik. Matakuliah tersebut dianggap sulit oleh mahasiswa. Berdasarkan hal tersebut peneliti menggunakan strategi OTTL dalam penyusunan karangan mahasiswa. Strategi OTTL adalah sistematika penyusunan sebuah berita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan strategi OTTL dalam penyusunan karangan mahasiswa Jurusan Sastra Jerman pada matakuliah Aufsatz 1. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan angket. Sumber data dalam penelitian ini adalah 16 orang mahasiswa Jurusan Sastra Jerman yang mengikuti matakuliah Aufsatz 1 semester genap 2009-2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh mahasiswa menyetujui penggunaan strategi OTTL dalam penyusunan karangan. Strategi OTTL membantu mahasiswa dalam penyusunan karangan dari segi isi karena terdapat rumusan unsur 5W1H. Akan tetapi pada saat karangan dinilai menggunakan kriteria penilaian keterampilan menulis terdapat banyak kesalahan dalam karangan yang mengganggu pemahaman. Hal tersebut berpengaruh besar terhadap nilai karangan mahasiswa. Rata-rata nilai karangan mahasiswa adalah 54 625 dan termasuk dalam kategori kurang. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi OTTL membantu mahasiswa dalam penyusunan karangan dari segi isi. Akan tetapi terdapat banyak hal yang harus diperhatikan dalam menulis karangan terutama menulis karangan dalam bahasa asing. Karangan yang baik tidak hanya baik dari segi isi tetapi juga baik dari segi gramatika pemilihan kosakata dan kesesuaian gaya penulisan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11780

Actions (login required)

View Item View Item