Penerapan metode extensive reading dalam pembelajaran membaca bahasa Jerman bagi siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 8 Malang / Nurma Yuan Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode extensive reading dalam pembelajaran membaca bahasa Jerman bagi siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 8 Malang / Nurma Yuan Wijayanti

Wijayanti, Nurma Yuan (2010) Penerapan metode extensive reading dalam pembelajaran membaca bahasa Jerman bagi siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 8 Malang / Nurma Yuan Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci metode Extensive Reading pembelajaran membaca Kemampuan membaca sangat penting dimiliki para siswa yang setiap hari dituntut membaca. Melalui pembelajaran membaca siswa diharapkan dapat memberikan tanggapan yang tepat pada informasi yang telah dibaca. Berdasarkan pengalaman peneliti pada saat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 8 Malang khususnya di kelas XI Bahasa peneliti melihat minat siswa pada pembelajaran membaca bahasa Jerman sangat kurang. Kurangnya minat baca siswa ini kemungkinan besar disebabkan oleh kurang tepatnya strategi atau metode yang digunakan guru pada saat pembelajaran membaca. Oleh karena itu peneliti berinisiatif menerapkan metode Extensive Reading. Metode Extensive Reading adalah salah satu metode yang biasa diterapkan dalam pembelajaran membaca yang bertujuan untuk menumbuhkan kesenangan dan kemauan siswa dalam membaca beragam wacana tulis dalam bahasa target atau bahasa yang sedang dipelajari dengan menekankan pada pemahaman umum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Extensive Reading dalam pembelajaran membaca bahasa Jerman pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 8 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 8 Malang yang memilih program bahasa Jerman pada semester genap tahun ajaran 2009/2010. Data yang digunakan adalah lembar kerja siswa selama membaca dan hasil angket siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan teknik kuesioner atau angket. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan metode Extensive Reading dalam pembelajaran membaca bahasa Jerman pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 8 Malang berjalan cukup baik dan mampu menumbuhkan minat siswa terhadap pembelajaran membaca. Selain itu penerapan metode ini juga dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca siswa khususnya kemampuan memahami bacaan yang berupa cerita pendek sedangkan kekurangan pada penelitian ini adalah masih terdapat siswa yang merasa kesulitan dengan teks yang diberikan. Dari hasil penelitian penulis dapat memberikan saran kepada guru untuk menerapkan metode Extensive Reading secara berkelanjutan sehingga dapat diperoleh hasil yang maksimal. Selain itu disarankan juga kepada peneliti selanjutnya untuk menerapkan metode ini pada subjek yang lebih banyak lagi dan pada teks bacaan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11778

Actions (login required)

View Item View Item