Motivasi siswa SMU Negeri 1 Malang mengikuti ekstrakurikuler Bahasa Jerman oleh Maryudi Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Motivasi siswa SMU Negeri 1 Malang mengikuti ekstrakurikuler Bahasa Jerman oleh Maryudi Kurniawan

Kurniawan, Maryudi (2010) Motivasi siswa SMU Negeri 1 Malang mengikuti ekstrakurikuler Bahasa Jerman oleh Maryudi Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa SMU berusia antara umur 15-18 tahun. Usia tersebut tergolong pada usia remaja.P ada masa remaja individu mengalamik ondiSi-kondispi sikologisd i antaranya keinginan untuk menggali potensi diri dan mencoba sesuatu yang baru. Untuk dapat menyalurkan bakat minat dan kemampuan merek4 Sekolah menyediakans uatuw adah y aitu kegiatane kstrakurikuler.D i SMU Negeri I Malang terdapat 28 kegiatan ekstrakurikuler. Salah satu di antaranya adalah ekstrakurikuler bahasa Jerman. Meski masih tergolong baru ekstrakurikuler ini telah mencapai prestasi yang bagus dan setiap tahun bertambah peminatnya. Berdasarkanla tar belakangd i atas p enelitian ini bertujuanu ntuk mengetahui motivasi siswa SMU Negeri I Malang mengikuti ekstrakurikuler bahasa Jerman. Populasi penelitian ini adalah siswa SMU Negeri I Malang angkatan 2002/2003 terbatasp adak elas I dan kelas 2 yarlLmg engikuti ekstrakurikulerb ahasaJ ermany ang berjumlah 86 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa kuesioner atau angket. Analisis data yang digunakana dalaha nalisis persentases emuad ata diklasifikasikan berdasarkanm eand an standard eviasi. Hasil penelifian ini menunjukkan bahwa motivasi siswa mengikuti ekstrakurikuler bahasa Jerman tergolong sedang. Hal ini disebabkan motivasi intnnsik danm otivasie kstrinsiks iswat ergolongs edangF. aktorl ainnyay aitu p ilihan kegiatan ekstrakurikuler cukup banyak matei plajaran yang terlalu banyak dan kurang didukung dengan media pengajaran yang memadai bahasa Jerman masih kuranpi dikenal di kalangan siswa persepsi siswa bahwa ekstrakurikuler hanya bersifat tambahan bahasa Jerman lebih sulit dari bahasa Inggris dan kurang prospektif. Berdasarkan hasil penelitian ini kepala sekolah disarankan untuk lebih mensosialisasikanb ahasaJ ermand i kalangans iswa dan lebih meningkatkanf asilitas dalam pelaksanaane kstrakurikulerd enganm edia pembelajarany ang lebih lengkap. Guru disarankan untuk lebih meningkatkan motivasi intrinsik siswa. Begitu juga dengan siswa mereka disarankan untuk lebih menekankan pada motivasi intrinsiknya. lll

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11767

Actions (login required)

View Item View Item