Pengaruh kabiasaan belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Limala Ratni Sri Kharismawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kabiasaan belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Limala Ratni Sri Kharismawati

Kharismawati, Limala Ratni Sri (2010) Pengaruh kabiasaan belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Limala Ratni Sri Kharismawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Kharismawati Limala Ratni Sri. 2009. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Primardiana H.W M.Pd (II) Drs. Herri Akhmad Bukhori M.A M.Hum Kata Kunci Kebiasaan Belajar Gaya Belajar Prestasi Belajar. Prestasi belajar sampai saat ini masih menjadi indikator untuk menilai tingkat keberhasilan pembelajar dalam proses belajar. Tingkat keberhasilan mahasiswa di perguruan tinggi dapat diketahui pada tiap akhir semester. Beberapa mahasiswa dapat dengan mudah mendapatkan nilai yang bagus tetapi hal tersebut tidak mudah bagi beberapa mahasiswa yang lain. Untuk mendapatkan nilai yang bagus tergantung dari cara yang dilakukan oleh mahasiswa dalam proses belajarnya. Terdapat banyak cara yang dapat dilaksanakan oleh mahasiswa dalam belajar yaitu membuat perencanaan waktu belajar mengikuti perkuliahan di dalam kelas berkonsentrasi saat belajar membaca buku untuk memperoleh informasi lebih membuat catatan membuat ringkasan mengerjakan tugas yang diberikan tidak hanya menghafal tapi juga mengerti pelajaran melakukan pengulangan ikut serta dalam kerja kelompok dan siap dalam menghadapi ujian. Cara-cara tersebut hendaknya dilakukan oleh mahasiswa dalam kesehariannya sehingga menjadi suatu kebiasaan belajar. Selain kebiasaan belajar gaya belajar juga merupakan bagian yang penting dalam proses belajar. Terdapat tiga gaya belajar yang dikemukakan oleh ahli yaitu gaya belajar berdasarkan teori De Porter dan Hernacki (gaya belajar visual gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik) gaya belajar berdasarkan teori David Kolb (gaya belajar konvergen divergen asimilator dan akomodator) dan gaya belajar berdasarkan teori Grasha-Riechmann (gaya belajar kompetensi kolaborasi dependen independen partisipan dan pengelak). Kebiasan belajar dan gaya belajar merupakan hal yang penting dalam proses belajar. Oleh sebab itu penelitian dengan judul Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Sastra Jerman penting untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kebiasaan belajar mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (2) mengetahui gaya belajar mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (3) mengetahui prestasi belajar mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (4) mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang dan (5) mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk data yang berbentuk interval adalah regresi linear sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk data yang berbentuk nominal adalah teknik analisis data Chi Square. Berdasarkan metode deskriptif dapat diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang memiliki kebiasaan belajar dan prestasi belajar yang baik. Gaya belajar yang dimiliki oleh sebagian besar mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang berdasarkan teori gaya belajar De Porter dan Hernacki adalah gaya belajar visual. Berdasarkan teori gaya belajar yang dikemukakan oleh David Kolb gaya belajar mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang adalah gaya belajar divergen sedangkan gaya belajar mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang berdasarkan teori gaya belajar yang dikemukakan oleh Grasha-Riechmann adalah gaya belajar partisipan. Berdasarkan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis regresi linear hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari taraf nyata (toleransi kesalahan) 0.05 yaitu 0 00 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Dengan teknik analisis Chi Square dapat diketahui bahwa nilai signifikansi lebih besar dari taraf nyata (toleransi kesalahan) 0.05. Gaya belajar berdasarkan teori De Porter dan Hernacki memiliki nilai signifikansi 0 183 gaya belajar berdasarkan teori David Kolb memiliki nilai signifikansi 0 582 dan gaya belajar berdasarkan teori Grasha-Riechmann memiliki nilai signifikansi 0 568. Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui bahwa gaya belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disarankan bahwa (1) dosen hendaknya memperhatikan kebiasaan belajar mahasiswa dan menuntun mahasiswa untuk memiliki kebiasaan yang baik (2) mahasiswa hendaknya memperhatikan dan meningkatkan kebiasaan belajar yang dimilikinya karena semakin baik kebiasaan belajar yang dimiliki semakin baik pula prestasi belajar yang diraih serta (3) dosen dan mahasiswa hendaknya memperhatikan gaya belajar walaupun tidak terdapat pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar tetapi jika dosen dan mahasiswa memperhatikan dan mengerti gaya belajar masing-masing akan tercipta proses belajar dan mengajar yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11761

Actions (login required)

View Item View Item