Penggunaan media audio (lagu dan lirik) pada mata kuliah Deutsch III terhadap keterampilan menyimak mahasiswa Jurusan Sastra Jerman angkatan 2008 Universitas Negeri Malang / Arnidya Pradnasari

Pradnasari, Arnidya (2010) Penggunaan media audio (lagu dan lirik) pada mata kuliah Deutsch III terhadap keterampilan menyimak mahasiswa Jurusan Sastra Jerman angkatan 2008 Universitas Negeri Malang / Arnidya Pradnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak : Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan media audio yang berupa lagu dan lirik sebagai media pembelajaran bahasa Jerman. Media audio adalah media yang dapat menghasilkan suara saja dan merupakan media yang berkaitan dengan pendengaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menyimak mahasiswa dalam mata kuliah Deutsch III dengan menggunakan media audio (lagu dan lirik). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Sastra Jerman angkatan 2008 sebanyak 42 mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Deutsch III. Adapun data utama yang digunakan berupa hasil tes menyimak mahasiswa saat penelitian berlangsung. Hasil tes berupa nilai atau angka yang berasal dari soal pada tes menyimak. Data penunjang berupa angket untuk mahasiswa dan observasi. Berdasarkan hasil tes, sebagian besar mahasiswa pada soal pertama mendapatkan nilai lebih baik dibandingkan dengan nilai pada soal kedua. Pada pembelajaran kedua dan ketiga sebagian besar mahasiswa mendapatkan nilai lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran pertama. Berdasarkan hasil observasi, dengan penggunaan media audio (lagu dan lirik) dalam menyimak dapat mendorong aktivitas mahasiswa. Berdasarkan hasil angket, manfaat yang mahasiswa dapatkan dari penelitian menyimak lagu dan lirik antara lain, (1) melatih kemampuan menyimak (h?Âren), (2) menambah kosa kata baru, (3) melatih konsentrasi, (4) melatih pelafalan (aussprache) yang benar, (5) dapat menghilangkan penat, dan (6) menambah koleksi lagu dalam bahasa Jerman. Adapun faktor yang menjadi penghambat mahasiswa dalam menyimak lagu dan lirik pada saat penelitian berlangsung antara lain, (1) Pelafalan pada lagu (aussprache) kurang jelas, (2) kurang memahami kosa kata yang terdapat pada lirik lagu, (3) Kurangnya konsentrasi, (4) Lagu terlalu cepat. Faktor yang menjadi pendorong mahasiswa dalam menyimak lagu dan lirik pada saat penelitian berlangsung antara lain, (1) ingin menambah kosa kata baru, (2) menyimak dengan lagu lebih menarik, (3) lagu dapat menghilangkan kejenuhan, (4) ingin mengetahui makna dari tiap lirik lagu sehingga dapat melatih pelafalan (aussprache) yang benar dalam bahasa Jerman. Kata Kunci: Media audio, lagu dan lirik, dan keterampilan menyimak (h?Âren).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11759

Actions (login required)

View Item View Item