Analisis proses afiksasi dalam pembentukan kata bahasa Jerman pada buku Studio d A1 / Rattih Ariyantini - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis proses afiksasi dalam pembentukan kata bahasa Jerman pada buku Studio d A1 / Rattih Ariyantini

Ariyantini, Rattih (2010) Analisis proses afiksasi dalam pembentukan kata bahasa Jerman pada buku Studio d A1 / Rattih Ariyantini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ariyantini Rattih. Analisis Proses Afiksasi dalam Pembentukan Kata Bahasa Jerman pada Buku Studio d A1. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tiksno Widyatmoko M.A (II) Dewi Kartika Ardiyani S.Pd M.Pd Kata kunci Morfologi Pembentukan kata Afiksasi Studio d A1 Afiksasi adalah salah satu jenis pembentukan kata yang proses morfologi pembentukan katanya dengan cara menggabungkan afiks pada kata dasar sehingga memungkinkan membentuk kata dan makna kata yang baru. Selama ini mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami proses pembentukan kata dan perubahan makna kata yang mengalami proses afiksasi. Melalui matakuliah morfologi mahasiswa dapat belajar teori dan konsep pembentukan kata dan proses afiksasi dari sebuah kata. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui proses pembentukan kata bahasa Jerman melalui proses afiksasi yang terdapat pada buku Studio d A1. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan mengetahui proses afiksasi kata berafiks yang terdapat pada buku Studio d A1 yang sedang digunakan sebagai bahan ajar dalam matakuliah Deutsch 1. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori O Grady dkk yang menggunakan analisis diagram pohon Bornstein. Teori O Grady dkk tersebut memudahkan mahasiswa dalam mengidentifikasi kata berafiks bahasa Jerman dengan sederhana dan lebih jelas apabila dibandingkan dengan teori yang lain. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah buku Studio d A1. Data dalam penelitian ini adalah kata yang mengalami proses afiksasi pada buku Studio d A1. Peneliti sebagai instrumen utama juga dibantu oleh instrumen pemandu yang berupa tabel dan diagram. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) proses pembentukan kata bahasa Jerman yang terdapat pada buku Studio d A1 dibedakan atas tiga yaitu proses pembentukan kata benda/Nomina pembentukan kata kerja/Verba dan pembentukan kata sifat/Adjektiva (2) dari data temuan sufik er -isch -e -in -en -lich dan ung adalah data yang mendominasi (3) kata berprefik be- dan ver- mendominasi data kata yang ditemukan sebagian besar data kata berprefik termasuk kedalam jenis kata kerja (verba) dan (4) semua kata bersirkumfik yang ditemukan termasuk kedalam jenis kata benda (nomina).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11756

Actions (login required)

View Item View Item