Komposita bahasa Jerman hasil bentukan mahasiswa Jurusan Sastra Jerman angkatan 2005 dalam mata kuliah Ubersetzung Indonesisch-Deutsch / Dina Sisilia Ratih Palupi

Palupi, Dina Sisilia Ratih (2010) Komposita bahasa Jerman hasil bentukan mahasiswa Jurusan Sastra Jerman angkatan 2005 dalam mata kuliah Ubersetzung Indonesisch-Deutsch / Dina Sisilia Ratih Palupi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Palupi, Dina Sisilia Ratih. Komposita Bahasa Jerman Hasil Bentukan Mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Angkatan 2005 dalam Mata Kuliah ?£bersetzung Indonesisch- Deutsch. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Rosyidah, M.Pd, (II) Edy Hidayat, Spd. M.Hum Kata kunci: Morfologi, Pembentukan kata, Komposita, Penerjemahan Komposita adalah salah satu jenis pembentukan kata yang proses morfologi pembentukan katanya dengan menggabungkan dua kata atau lebih sehingga membentuk kata dan makna kata yang baru. Pada mata kuliah morfologi, proses pembentukan kata yang berupa komposita kurang diberikan secara mendalam karena keterbatasan waktu belajar. Hal ini membuat banyak mahasiswa yang masih mengalami kesulitan dalam proses pembentukan kata dan perubahan makna kata setelah mengalami proses pembentukan kata (komposita). Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui pola pembentukan komposita dan makna komposita bahasa Jerman hasil bentukan mahasiswa pada mata kuliah ?£bersetzung Indonesisch-Deutsch. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pola dan makna komposita bahasa Jerman hasil bentukan mahasiswa pada mata kuliah ?£bersetzung Indonesisch-Deutsch. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Vater. Vater mendeskripsikan pembentukan pola komposita bahasa Jerman dengan sederhana dan lebih jelas apabila dibandingkan dengan teori yang lain. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah mahasiswa angkatan 2005 yang mengikuti mata kuliah ?£bersetzung Indonesisch-Deutsch sebanyak 26 orang. Data dalam penelitian ini adalah kata-kata bahasa Jerman hasil bentukan mahasiswa yang muncul karena proses komposita atau Zusammensetzung dalam mata kuliah ?£bersetzung Indonesisch-Deutsch. Peneliti sebagai instrumen utama juga dibantu oleh instrumen pemandu yang berupa tabel dan diagram. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) pola pembentukan komposita bahasa Jerman oleh mahasiswa pada mata kuliah ?£bersetzung Indonesisch-Deutsch kebanyakan berasal dari pembentukan komposita yang terdiri dari dua kata, yaitu kata benda+kata benda, selain dari kata benda (Nomen), kata kerja (Verb), dan kata sifat (Adjektiv), pola pembentukan komposita bahasa Jerman oleh mahasiswa ini juga berasal dari kata keterangan (Adverb), Pr?ñposition, dan Partikel, (2) dalam proses pembentukan pola komposita bahasa Jerman, mahasiswa masih terpengaruh oleh bahasa ibu, yaitu bahasa Indonesia, (3) masih banyak mahasiswa yang belum mengerti tentang materi Fugenzeichen dalam pembentukan pola komposita, dan (4) makna komposita bahasa Jerman hasil bentukan mahasiswa ada yang mengalami perubahan makna dan ada yang tidak mengalami perubahan makna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11753

Actions (login required)

View Item View Item