Penerapan pembelajaran kooperatif model student teams achiecement division STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Jerman siswa kelas X 11 Malang / Lilla Wahyuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model student teams achiecement division STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Jerman siswa kelas X 11 Malang / Lilla Wahyuningsih

Wahyuningsih, Lilla (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model student teams achiecement division STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Jerman siswa kelas X 11 Malang / Lilla Wahyuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuningsih Lilla. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Jerman Siswa Kelas X SMKN 11 Malang. Skripsi Progam Studi Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Herri Akhmad Bukhori M.A M.Hum (2) Sri Prameswari Indriwardhani M.Pd. Kata kunci Pembelajaran Kooperatif model STAD Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Hasil wawancara dengan guru bahasa Jerman di SMKN 11 Malang menunjukkan bahwa metode ceramah yang diterapkan guru pada mata pelajaran bahasa Jerman terasa membosankan dan kurang efektif. Oleh karena itu diperlukan metode lain yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu metode yang bisa diterapkan adalah Student Teams Achievement Division (STAD). Metode ini mengutamakan adanya kerjasama antar siswa dalam sebuah kelompok. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar bahasa Jerman siswa kelas X SMKN 11 malang dan (2) untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Jerman siswa kelas X SMKN 11 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus tindakan yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-Mo2 SMKN 11 Malang dengan jumlah 42 siswa. Dalam penelitian ini data berupa deskripsi dari hasil observasi aktivitas siswa angket respon siswa dan hasil pre-test dan post-test serta ketuntasan belajar pada tiap-tiap siklus. Langkah pembelajaran berorientasi pada metode pembelajaran kooperatif model STAD yaitu (1) penyajian kelas (2) kelompok (3) tes atau kuis (4) skor peningkatan individu dan (5) penghargaan kelompok. Hasil penelitian menunjukkan data aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 57 7% dengan taraf keberhasilan cukup meningkat menjadi 80 3% dengan taraf keberhasilan sangat baik pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa. Sebelum perlakuan (pre-test) rata-rata hasil belajar siswa sebesar 61 6 dengan ketuntasan klasikal 54 7% pada siklus I meningkat menjadi 76 7 pada siklus II meningkat menjadi 82 3 dan setelah perlakuan (post-test) rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 87 dengan ketuntasan klasikal 100%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu hendaknya guru bidang studi dapat menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11751

Actions (login required)

View Item View Item