Hubungan tingkat sosial ekonomi dengan tingkat partisipasi dalam program perhutanan sosial kelompok usaha perhutanan sosial kawasan Bajulmati / Diah Ayu Rohmani

Rohmani, Diah Ayu (2019) Hubungan tingkat sosial ekonomi dengan tingkat partisipasi dalam program perhutanan sosial kelompok usaha perhutanan sosial kawasan Bajulmati / Diah Ayu Rohmani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rohmani, Diah Ayu. 2019. Hubungan Tingkat Sosial Ekonomi dengan Tingkat Partisipasi dalam Program Perhutanan Sosial Kelompok Usaha Perhutanan Sosial Kawasan Bajulmati. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Nurhadi, M.Pd (II) Kukuh M. Raharjo, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: Sosial Ekonomi, Partisipasi, Program Perhutanan Sosial. Program perhutanan sosial merupakan program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang dilatar belakangi oleh agenda dari KLHK yang berupa peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan dan juga penciptaan model pelestarian hutan yang efektif. Pelibatan masyarakat dalam kegiatan pemberdayaan dalam rangka pelestarian dan pengelolaan hutan merupakan hal mendasar untuk membangun kesadaran kritis masyarakat pengelola hutan. Dengan adanya pelibatan masyarakat dalam kegiatan maka kesadaraan masyarakat dalam pengelolaan hutan semakin meningkat. Status sosial meliputi pekerjaan, tingkat pendapatan, pendidikan juga merupakan suatu rangkaian yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program perhutanan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan tingkat sosial ekonomi anggota KUPS, (2) Mendeskripsikan tingkat partisipasi anggota KUPS, (3) Mencari hubungan tingkat sosial ekonomi dengan tingkat partisipasi anggota KUPS dalam program perhutanan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Subjek penelitian adalah Anggota KUPS Kawasan Bajulmati yang berjumlah 145 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Systematic Random Sampling dengan jumlah sampel 40 orang. Instrumen yang digunakan dalam memperoleh data adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah dengan korelasi Rank Spearmant dengan bantuan SPSS 23 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat status sosial dari responden tergolong sedang, (2) tingkat partisipasi dari responden tergolong sedang, (3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat sosial ekonomi dengan tingkat partisipasi petani dalam program perhutanan sosial. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diajukan oleh peneliti adalah: (1) bagi Anggota KUPS Kawasan Bajulmati dalam mengelola lahan atau mengikuti program perhutanan sosial hendaknya turut berpartisipasi dengan sebaik-baiknya. Tidak hanya pada saat pelaksanaan program saja, tetapi mulai dari perencanaan dan juga evaluasi programnya, (2) bagi jurusan PLS semoga dapat dijadikan penunjang dalam bidang sosial ekonomi dan juga partisipasi khususnya dibidang perhutanan sosial, (3) bagi peneliti selanjutnya hendaknya melakukan penelitian tentang faktor yang mempengaruhi partisipasi agar dapat lebih jelas apa saja yang mempengaruhi partisipasi seseorang dalam pelaksanaan program sehingga penelitian yang dilakukan dapat lebih bermanfaat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/117502

Actions (login required)

View Item View Item