Hubungan antara kualifikasi akademik pendidk dengan kinerja profesional pendidik di PAUD Gugus 1 dan Gugus 2 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Abid Kemal Ridho

Ridho, Abid Kemal (2019) Hubungan antara kualifikasi akademik pendidk dengan kinerja profesional pendidik di PAUD Gugus 1 dan Gugus 2 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Abid Kemal Ridho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ridho, Abid Kemal. 2019. Hubungan antara Kualifikasi Akademik Pendidik dengan Kinerja Professional Pendidik PAUD Gugus 1 dan PAUD Gugus 2 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Hj.Siti Asmah, M.Pd dan Kukuh Miroso Raharjo, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Hubungan, Kualifikasi Akademik, Kinerja Professional. Bentuk kualifikasi akademik pendidik PAUD berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 19 Tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan pasal 29 menyebutkan bahwa pendidik pada pendidikan anak usia dini memiliki kualifikasi akademik minimum diploma empat (D-IV) atau sarjana (S1) dengan latar belakang bidang pendidikan anak usia dini atau psikologi. Kinerja professional pendidik merupakan pendidik yang melakukan tugasnya dengan mendidik, mengajar, mengarahkan, membimbing, melatih, menilai, dan mengevaluasi pada pendidikan anak usia dini. Pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran dari kualifikasi akademik dan kinerja professional pendidik PAUD, serta mengetahui hubungan antara kualifikasi akademik pendidik dengan kinerja professional pendidik PAUD Gugus 1 dan PAUD Gugus 2 kecamatan Lowokwaru kota Malang. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan analisis data kolerasi menggunakan dengan Kendall Concordance dengan aplikasi IBM SPSS Ver.22 for Windows. Sebelum melakukan penelitian ini peneliti terlebih dahulu mencari informasi berapa jumlah pendidik yang ada di PAUD Gugus 1 dan PAUD Gugus 2 kecamatan Lowokwaru kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualifikasi akademik pendidik PAUD Gugus 1 maupun Gugus 2 diketahui masih adanya pendidik yang belum memenuhi kualifikasi akademik sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kinerja professional pendidik PAUD Gugus 1 dan PAUD Gugus 2 diketahui dari hasil penelitian bahwa para pendidiknya sudah memenuhi kategori sebagai tenaga pendidik yang professional. Berdasarkan hasil uji kolerasi Kendall Concordance diketahui bahwa adanya hubungan antara kualifikasi akademik pendididk dengan kinerja professsional pendidik PAUD Gugus 1 dan PAUD Gugus 2 kecamatan Lowokwaru kota Malang. Lembaga PAUD Gugus 1 dan PAUD Gugus 2 diharapkan untuk mendorong pendidiknya dalam mengikuti pelatihan maupun seminar guna untuk meningkatkan kualitas diri dan professionalitas sebagai tenaga pendidik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/117501

Actions (login required)

View Item View Item