Penerapan metode bermain peran pada pembelajaran bahasa Jerman untuk meningkatkan unjuk kerja berbicara siswa kelas X-RPL SMKN 11 Malang / Sri Suci Dewayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode bermain peran pada pembelajaran bahasa Jerman untuk meningkatkan unjuk kerja berbicara siswa kelas X-RPL SMKN 11 Malang / Sri Suci Dewayanti

Dewayanti, Sri Suci (2009) Penerapan metode bermain peran pada pembelajaran bahasa Jerman untuk meningkatkan unjuk kerja berbicara siswa kelas X-RPL SMKN 11 Malang / Sri Suci Dewayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewayanti Sri Suci. 2009. Penerapan Metode Bermain Peran pada Pembelajaran Bahasa Jerman untuk Meningkatkan Unjuk Kerja Berbicara Siswa Kelas X-RPL SMKN 11 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tiksno Widyatmoko M.A. (II) Dra. Sawitri Retnantiti M.Pd. Kata kunci Metode Bermain Peran Berbicara Bahasa Jerman Pembelajaran kontekstual merupakan suatu konsep strategi pembelajaran yang membantu guru untuk menghubungkan isi pelajaran dengan situasi dunia nyata ke dalam kelas dan memotivasi siswa dalam menghubungan pengetahuan yang dimiliki dengan aplikasinya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Bermain peran adalah salah satu metode pengajaran yang dapat digunakan secara efektif untuk mengarahkan siswa dalam mempelajari materi dengan tema tertentu. Metode ini dilaksanakan melalui sembilan tahap yaitu (1) memotivasi siswa (2) memilih peran (3) menyusun tahap-tahap peran (4) menyiapkan pengamat (5) pemeranan I (6) diskusi dan evaluasi I (7) pemeranan II (8) diskusi dan evaluasi II dan (9) membagi pengalaman dan mengambil kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan unjuk kerja berbicara bahasa Jerman siswa yang meliputi kelancaran berbicara sikap tubuh dan volume suara melalui penerapan metode bermain peran. Penelitian ini dilaksanakan pada pembelajaran bahasa Jerman semester I di kelas X-RPL SMKN 11 Malang. Hal ini dilakukan karena siswa seringkali mengalami kesulitan dalam berbicara bahasa Jerman dengan lancar mengenai suatu tema dan masih terdapat banyak siswa yang pasif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Adapun instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi pedoman wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual metode bermain peran dapat meningkatkan unjuk kerja berbicara bahasa Jerman siswa sehingga kelas menjadi lebih hidup karena semua siswa dituntut untuk berbicara. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai belajar siswa. Nilai hasil belajar awal sebesar 36 67 meningkat menjadi 61 56 pada siklus I dan 72 45 pada siklus II. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan unjuk kerja berbicara bahasa Jerman. Oleh karena itu disarankan agar pengajar dapat menggunakan berbagai macam metode pengajaran dan sekaligus menggunakan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk mengajar agar tercipta kondisi kelas yang lebih hidup dan menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11750

Actions (login required)

View Item View Item