Pengkapasitasan santri dalam program pekan dakwah (studi kasus di Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran Lamongan) / Melati Putri Hazlizah

Hazlizah, Melati Putri (2019) Pengkapasitasan santri dalam program pekan dakwah (studi kasus di Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran Lamongan) / Melati Putri Hazlizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hazlizah, Melati Putri. 2019. Pengkapasitasan Santri Dalam Program Pekan Dakwah di Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sucipto, M.S, (II) Drs. Nurhadi Musa, M.Pd Kata Kunci : Pondok Pesantren, Pengkapasitasan, Pemberdayaan Masyarakat. Pendidikan merupakan salah satu kegiatan yang sangat mendasar yang ada di kalangan masyarakat yang juga harus terpenuhi, pendidikan merupakan suatu usaha sadar dalam mengubah tingkah laku maupun pola pikir seseorang untuk bisa menjadi lebih baik. Setiap masyarakat berhak mendapatkan pendidikan yang layak, pendidikan yang juga di harapkan dapat memberikan perubahan untuk kehidupan di masyarakat. salah satu bentuk perubahan tingkah laku masyarakat yang di dasari dengan adanya pendidikan adalah melalui kegiatan pengkapasitasan yang di berikan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui bentuk kegiatan pengkapasitasan dalam program pekan dakwah Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran Lamongan, untuk mengetahui proses masing – masing kegiatan pengkapasitasan dalam program pekan dakwah di Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran Lamongan dan mengetahui hasil dari kegiatan pengkapasitasan dalam program pekan dakwah di Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran Lamongan Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis pendekatan studi kasus. Pendekatan studi kasus bertujuan untuk mediskripsikan bentuk kegiatan pengkapasitasan dalam program pekan dakwah. Penelitian ini dimulai dengan pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, Wawancara dan studi dokumentasi. Kemudian data yang di peroleh di catat dan di berikan kode. Kemudian, di analisa data dengan menggunakan data reduction, data display dan penarikan kesimpulan. Setelah dilakukan analisa data kemudian dilakukan pengecekan keabsahan data, pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi dengan teknik triangulasi sumber, triangulasi metode/ teknik dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini bahwa adanya beberapa bentuk kegiatan pengkapasitasan di Pondok Pesantren Karangasem antara lain: (1) kegiatan Muhadharah, (2) kegiatan Muhadatsah, (3) Kegiatan Halaqah dan (4) kegiatan Kultum. Saran yang diberikan kepada Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan dalam penelitian ini untuk pembina dan OPPK memperbaiki prosedur pelaksanaan kegiatan dan di susun rapi secara tertulis. Begitu juga dengan hasil dari kegiatan di buat penilaian secara menyeluruh untuk kegiatan – kegiatan yang diikuti santri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/117497

Actions (login required)

View Item View Item