Peningkatan hasil belajar kognitif melalui pelatihan pemeliharaan sepeda motor di UPT Balai Latihan Kerja Singosari Kabupaten Malang / Eka Erlinda Putri

Putri, Eka Erlinda (2019) Peningkatan hasil belajar kognitif melalui pelatihan pemeliharaan sepeda motor di UPT Balai Latihan Kerja Singosari Kabupaten Malang / Eka Erlinda Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri, Eka Erlinda. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Pelatihan Pemeliharaan Sepeda Motor di UPT Balai Latihan Kerja Singosari Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Siti Asmah, M.Pd., (II) Dr. Endang Sri Redjeki, M.S. Kata Kunci: Pelatihan, UPT Balai Latihan Kerja Singosari, Hasil Belajar Kognitif Seiring dengan berkembangnya persaingan di dunia kerja yang cukup ketat, membuat timbulnya kesadaran masyarakat untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber dayanya. Hal ini dibuktikan dengan timbulnya ketertarikan masyarakat terhadap program-program pelatihan, yang didukung dengan banyaknya lembaga pelatihan yang menawarkan program-program pelatihan dari berbagai bidang, salah satunya UPT Balai Latihan Kerja Singosari. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan awal dan kemampuan pasca pelatihan peserta pelatihan pemeliharaan sepeda motor di UPT Balai Latihan Kerja Singosari Kabupaten Malang, dan (2) mendeskripsikan tingkat perbedaan antara kemampuan awal dan kemampuan pasca pelatihan peserta pelatihan pemeliharaan sepeda motor di UPT Balai Latihan Kerja Singosari Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di UPT Balai Latihan Kerja Singosari, khususnya di kejuruan otomotif pelatihan pemeliharaan sepeda motor. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta pelatihan pemeliharaan sepeda motor di UPT Balai Latihan Kerja Singosari sebanyak 32 orang. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Dalam pengumpulan data, digunakan studi dokumentasi dan studi pustaka. Adapun data yang diperoleh merupakan data sekunder yang bersifat informasional. Untuk menguji hipotesis, maka dilakukan analisis data secara statistik dengan menggunakan uji paired samples t-test yang selanjutnya akan dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis yang dilakukan terhadap data nilai yang mengalami peningkatan, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata sebesar 23 % terhadap 23 orang peserta pelatihan. Peningkatan ini terjadi karena tingkat pengamatan,pengetahuan/ingatan, serta pemahaman yang dimiliki peserta pelatihan baik. Saran yang diberikan peneliti bagi instansi, sebaiknya lembaga membuat kriteria peningkatan hasil belajar peserta pelatihan agar dapat diketahui tingkat pengetahuan peserta pelatihan berada pada tingkat rendah, sedang, atau tinggi yang nantinya dapat memberikan informasi lebih mendalam tentang peningkatan hasil belajar peserta pelatihan serta dapat digunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan pelatihan selanjutnya. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya agar peneliti dapat menganalisa faktor-faktor lain yang lebih jelas dan memberikan informasi terhadap peningkatan hasil belajar peserta pelatihan dengan cakupan yang lebih luas yaitu evaluasi penyelenggaraan pelatihan secara keseluruhan keseluruhan, tidak hanya diukur dari peningkatan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/117485

Actions (login required)

View Item View Item