Peran lembaga sosial pendidikan Harapan Bajulmati dalam peningkatan kemampuan pemandu wisata Lepen Adventures (studi kasus di Lembaga Sosial Pendidikan Harapan Bajulmati Dusun Bajumati Desa Gajahrejo Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang) / Khoirul Hidayat

Hidayat, Khoirul (2019) Peran lembaga sosial pendidikan Harapan Bajulmati dalam peningkatan kemampuan pemandu wisata Lepen Adventures (studi kasus di Lembaga Sosial Pendidikan Harapan Bajulmati Dusun Bajumati Desa Gajahrejo Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang) / Khoirul Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayat, Khoirul. 2019. Peran Lembaga Sosial Pendidikan Harapan Bajulmati Dalam Peningkatan Kemampuan Pemandu Wisata Lepan Adventures (Studi Kasus Di Lembaga Sosial Pendidikan Harapan Bajulmati Dusun Bajulmati Desa Gajahrejo Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang). Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing (I) Drs. Sucipto, M.S dan (II) Sopingi, S.Sos, M.Pd. Kata Kunci: peran, kemampuan, wisata, lembaga sosial. Peran lembaga sosial dalam suatu organisasi ialah aspek penting dalam suatu kegiatan dikarenakan peran tersebutlah yang kelak akan mewujudkan tujuan organisasi atau lembaga. Lembaga Sosial Pendidikan Harapan Bajulmati adalah lembaga yang bergerak dibidang pendidikan erat kaitannya dengan banyak kegiatan peningkatan kemampuan anggotanya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui (1) peran Lembaga Harapan dalam meningkatkan kemampuan pemandu wisata, dan (2) proses peran tersebut dilakukan dalam peningkatan kemampuan pemandu wisata lepen adventures. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Studi Kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah pengurus inti Lembaga Sosial Pendidikan Harapan Bajulmati, anggota Lembaga Sosial Pendidikan Harapan Bajulmati, dan pemuda yang ikut serta dalam proses pembangunan wisata Lepen Adventures. Hasil penelitian menunjukan bahwa Lembaga Sosial Pendidikan Harapan Bajulmati selaku lembaga yang membentuk wisata Lepen Adventures sudah melakukan beberapa kegiatan guna menambah pengetahuan dan kemampuan pemandu wisata Lepen Adventures dengan kegiatan pelatihan, penambahan alat, dan promosi yang telah dilakukan. Kesimpulan dari penelitian pada Lembaga Sosial Pendidikan Harapan Bajulmati adalah lembaga yang berperan dalam proses peningkatan kemampuan pemandu wisata Lepen Adventures. Hasil yang kedua ialah Lembaga Sosial Pendidikan Harapan Bajulmati telah melakukan beberapa kegiatan terkait proses peningkatan pemanduan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/117481

Actions (login required)

View Item View Item