Penggunaan media film "Redaktion-D" untuk pengajaran peralatan Bahasa Jerman dalam mata kuliah Dutsche Phonologie / M. Dinu Imansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media film "Redaktion-D" untuk pengajaran peralatan Bahasa Jerman dalam mata kuliah Dutsche Phonologie / M. Dinu Imansyah

Imansyah, M. Dinu (2009) Penggunaan media film "Redaktion-D" untuk pengajaran peralatan Bahasa Jerman dalam mata kuliah Dutsche Phonologie / M. Dinu Imansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Imansyah Muhammad Dinu. Penggunaan Media Film Redaktion-D Untuk Pengajaran Pelafalan Bahasa Jerman dalam Mata Kuliah Deutsche Phonologie. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Edy Hidayat S.Pd. M.Hum. Kata Kunci Media Film Pelafalan Bahasa Jerman Deutsche Phonologie Media Film adalah salah satu media pembelajaran yang memiliki banyak kelebihan yakni memberikan materi pembelajaran dengan menarik dan tidak membosankan. Banyak mahasiswa Jurusan Pendidikan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang yang mengalami kesulitan dalam memahami cara pelafalan kosa kata bahasa Jerman tertentu walau telah mengikuti mata kuliah Deutsche Phonologie mata kuliah yang memberikan materi tentang bunyi bahasa atau lebih tepatnya pelafalan kosa kata bahasa Jerman yang baik. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian mengenai penggunaan media film Redaktion-D sebagai media pengajaran pelafalan bahasa Jerman dalam mata kuliah Deutsche Phonologie. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media film Redaktion-D dalam pengajaran pelafalan bahasa Jerman dalam mata kuliah Deutsche Phonologie. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data-data yang berasal dari instrumen catatan penelitian angket dan tes bicara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media film Redaktion-D sangat cocok untuk digunakan sebagai media bantu pengajaran pelafalan bahasa Jerman di mata kuliah Deutsche Phonologie karena dengan film ini mahasiswa dapat memahami cara pelafalan kosa kata bahasa Jerman yang mengandung fonem /sch/ /ch/ akhiran /-t/ / / / / dan / / dengan baik. Hal ini dikarenakan film ini menggunakan bahasa percakapan yang sederhana dan mudah dipelajari. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada para dosen pengajar mata kuliah Deutsche Phonologie agar memanfaatkan media film Redaktion-D sebagai media bantu pengajaran pelafalan kosa kata bahasa Jerman. Selain itu dosen pengajar mata kuliah Deutsche Phonologie hendaknya lebih menekankan pada penjelasan simbol-simbol fonetis seperti [8] [1 ] [X] [D] beserta pengucapannya agar mahasiswa bisa mempelajari sendiri cara pelafalan kosa kata bahasa Jerman yang baik dari buku-buku sumber yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11742

Actions (login required)

View Item View Item