Penggunaan media kartu kata dan gambar untuk penguasaaan kosakata Bahasa Jerman di SMA Negeri 4 Balikpapan / Megaria Tamba - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media kartu kata dan gambar untuk penguasaaan kosakata Bahasa Jerman di SMA Negeri 4 Balikpapan / Megaria Tamba

Tamba, Megaria (2009) Penggunaan media kartu kata dan gambar untuk penguasaaan kosakata Bahasa Jerman di SMA Negeri 4 Balikpapan / Megaria Tamba. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media Pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Jerman cukup banyak. Beberapa di antaranya adalah media kartu kata dan gambar. Media ini dianggap dapat membantu siswa dalam mempelajari bahasa Jerman khususnya untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jerman karena siswa dalam hal ini kata benda. Biasanya siswa mengalami kesulitan dalam mengingat dan menghafal kosakata bahasa Jerman karena salah satu penyebabnya adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu penulis melaksanakan penelitian tentang Penggunaan Media Kartu Kata dan Gambar dalam pembelajaran kosakata di SMA Negeri 4 Balikpapan.. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan penguasaan kosakata bahasa Jerman sebelum penggunaan media kartu kata dan gambar 2) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan media kartu kata dan gambar dan 3) mendeskripsikan penguasaan kosakata bahasa Jerman setelah penggunaan media kartu kata dan gambar di SMA Negeri 4 Balikpapan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 4 Balikpapan kelas XI IPA yaitu sebanyak 26 siswa. Data dalam penelitian ini adalah nilai pretes dan postes hasil angket penilaian dan tanggapan siswa dan aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Instrumen yang digunakan adalah angket tes dan pedoman observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar siswa. Sebelum menggunakan media kartu kata dan gambar dalam proses pembelajaran siswa memperoleh nilai rata-rata 75 76 dan nilai rata-rata siswa setelah menggunakan media ini adalah 83 65. Aktifitas siswa semakin meningkat dan respon siswa terhadap penggunaan media kartu kata dan gambar sangat positif. Hal tersebut terbukti dari hasil pengamatan di mana selama mengikuti pembelajaran siswa terlibat secara lebih aktif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media kartu kata dan gambar dapat digunakan dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11737

Actions (login required)

View Item View Item