Analisis rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mata pelajaran bahasa Jerman kelas X SMA negeri dan swasta Kota Malang / Ita Palupi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mata pelajaran bahasa Jerman kelas X SMA negeri dan swasta Kota Malang / Ita Palupi

Ita Palupi (2010) Analisis rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mata pelajaran bahasa Jerman kelas X SMA negeri dan swasta Kota Malang / Ita Palupi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum pendidikan di Indonesia saat ini adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau kurikulum 2006 yang menggunakan pendekatan berbasis kompetensi. RPP memegang peranan penting dalam mempersiapkan proses pengajaran yang efektif. Pembelajaran dalam mata pelajaran bahasa Jerman akan efektif apabila guru diberi kebebasan dalam menyusun RPP yang nantinya akan berdampak pada penerapannya. Keefektifan tersebut dapat tercapai apabila penyusunan RPP tersebut bersifat operasional. Penelitian ini berupa analisis RPP bahasa Jerman kelas X semester gasal periode 2007/ 2008 dengan tema Identitas Diri dari empat SMA Negeri dan satu SMA Swasta Kota Malang yaitu SMAN 1 SMAN 6 SMAN 7 SMAN 8 dan SMA Laboratorium UM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan operasionalisasi RPP mata pelajaran bahasa Jerman dengan tema Identitas Diri di kelas X SMA Negeri dan Swasta kota Malang untuk kompetensi mendengarkan berbicara membaca dan menulis dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Jumlah RPP yang terkumpul sebanyak lima puluh lima buah dianalisis dengan menggunakan instrumen check list yaitu berupa Rubrik Penilaian Kemampuan Menyusun RPP. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa operasionalisasi RPP mata pelajaran bahasa Jerman untuk kompetensi mendengarkan berkriteria tiga RPP berkriteria operasional (B) dan empat RPP berkriteria kurang operasional (D). Tiga RPP berkriteria sangat operasional (A) dua RPP berkriteria operasional (B) sembilan lainnya berkriteria kurang operasional (D) untuk kompetensi berbicara. Untuk kompetensi membaca sepuluh RPP berkriteria cukup operasional (C) dan lima belas RPP berkriteria kurang operasional (D) sedangkan untuk kompetensi menulis satu RPP berkriteria operasional (B) dan delapan RPP berkriteria kurang operasional (D). Berdasarkan hasil penelitian di atas saran yang dapat diajukan adalah untuk mengoptimalkan operasionalisasi RPP yaitu dengan melihat Rubrik Penilaian Kemampuan Menyusun RPP dan kurikulum bahasa Jerman 2006.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11736

Actions (login required)

View Item View Item