Penerapan pembelajaran kontekstual metode rollenspiel pada mata kuliah einfuhrung in die literaturwertschatzung / Rahmatul Lisanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kontekstual metode rollenspiel pada mata kuliah einfuhrung in die literaturwertschatzung / Rahmatul Lisanah

Rahmatul Lisanah (2009) Penerapan pembelajaran kontekstual metode rollenspiel pada mata kuliah einfuhrung in die literaturwertschatzung / Rahmatul Lisanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sistem pembelajaran kontekstual adalah sebuah proses pembelajaran yang bertujuan membantu pembelajar melihat makna di dalam materi akademik yang mereka pelajari dengan cara menghubungkan subjek-subjek akademik dengan konteks dalam kehidupan keseharian mereka yaitu dengan konteks keadaan pribadi sosial dan budaya mereka. Sistem pembelajaran kontekstual memiliki banyak sekali metode pembelajaran yang bisa dipakai salah satunya adalah metode Rollenspiel. Metode Rollenspiel (Role Playing) adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan pembelajar. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan pembelajar dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan pembelajaran kontekstual metode Rollenspiel dan hasil yang muncul setelah penerapan pembelajaran kontekstual metode Rollenspiel pada mata kuliah Einf hrung in die Literaturwertsch tzung. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang pada mata kuliah Einf hrung in die Literaturwertsch tzung. Sampel yang digunakan adalah seluruh mahasiswa yang sedang mengikuti mata kuliah tersebut yaitu sebanyak 41 mahasiswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bersifat naturalistik. Untuk mendapatkan data instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktifitas mahasiswa dan dosen angket respon mahasiswa dan tes yang dibuat oleh dosen pengajar mata kuliah Einf hrung in die Literaturwertsch tzung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Rollenspiel dapat membuat mahasiswa lebih mudah memahami bacaan/cerita dan juga dapat membuat mahasiswa menjadi lebih bersemangat dalam mengikuti perkuliahan Einf hrung in die Literaturwertsch tzung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan agar pengajar dapat menggunakan berbagai macam metode yang tersedia secara maksimal dan sekaligus menggunakan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11731

Actions (login required)

View Item View Item