Kemampuan menyimak (horen) bahasa Jerman mahasiswa Jurusan Sastra Jerman pada matakuliah Deutsch II / Gunawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menyimak (horen) bahasa Jerman mahasiswa Jurusan Sastra Jerman pada matakuliah Deutsch II / Gunawan

Gunawan (2009) Kemampuan menyimak (horen) bahasa Jerman mahasiswa Jurusan Sastra Jerman pada matakuliah Deutsch II / Gunawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam pengertian yang sederhana bahasa adalah alat untuk berkomunikasi. Komunikasi dapat berwujud langsung atau lisan menyimak dan berbicara (Tarigan dan Tarigan 1987 22). Keterampilan menyimak telah diajarkan secara terintregasi sejak semester satu sampai dengan semester empat pada matakuliah Deutsch I II III IV dan ZiDS-Vorbereitung. Kenyataan membuktikan bahwa mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam menyimak bahasa Jerman. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk meneliti kemampuan menyimak bahasa Jerman mahasiswa serta mengetahui kesulitan mahasiswa dalam menyimak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Karena bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menyimak mahasiswa. Sifat kualitatif penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil skor yang diperoleh mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi angket dan tes. Observasi digunakan untuk melihat kemampuan menyimak mahasiswa di kelas. Angket digunakan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dirasakan mahasiswa dalam menyimak bahasa Jerman. Tes digunakan sebagai tolok ukur kemampuan menyimak mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyimak bahasa Jerman mahasiswa sangat baik. Hal ini terbukti bahwa seluruh mahasiswa mampu (lulus) dalam tes menyimak. Dari hasil angket dapat disimpulkan bahwa kesulitan mahasiswa dalam menyimak adalah (1) ketidakmampuan mengikuti tuturan pembicara (2) masalah bahasa di luar linguistik seperti tekanan kata dan intonasi (3) teks yang panjang (4) kurangnya penguasaan gramatika dan kosakata dan (5) kebiasaan belajar. Bertolak dari temuan penelitian di atas dapat diberikan beberapa saran yaitu (1) agar mahasiswa terus melatih kemampuan menyimak bahasa Jerman (2) agar dosen yang bersangkutan memanfaatkan berbagai media yang ada dan (3) agar peneiltian selanjutnya memanfaatkan temuan penelitian ini untuk melakukan kajian yang lebih luas dan mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11730

Actions (login required)

View Item View Item