Pengembangan media lokatara board game untuk meningkatkan efikasi diri karier siswa Sekolah menengah Kejuruan (SMK) / Laily Istiqomah

Istiqomah, Laily (2019) Pengembangan media lokatara board game untuk meningkatkan efikasi diri karier siswa Sekolah menengah Kejuruan (SMK) / Laily Istiqomah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Istiqomah, Laily. 2019. Pengembangan Media Lokatara Board Game untuk Meningkatkan Efikasi Diri Karier Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Carolina Ligya Radjah, M. Kes, (II) Dr. Muslihati, S. Ag., M. Pd. Kata Kunci: Media, Board Game, Efikasi Diri Karier. Tujuan khusus pendirian SMK adalah mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang tersedia di dunia kerja sebagai tenaga kerja tingkat menengah, sesuai dengan paket keahlian yang diikutinya (Pracihara, 2017: 317). Hal tersebut dapat dilihat dari sistem peminatan yang dilakukan mulai dari siswa masuk SMK. Proses peminatan yang dilakukan mulai dari awal, tentu menjadi bekal pertimbangan siswa dalam mempersiapkan karier masa depannya. Pertimbangan yang matang dan didukung oleh fasilitas pendidikan di SMK, akan mencetak peserta didik yang siap terjun ke dunia kerja. Namun fakta di lapangan berbanding terbalik dengan pernyataan tersebut. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMKN 2 Malang, banyak siswa merasa tidak yakin akan kemampuan dirinya (pesimis) dalam menghadapi dunia kerja, tidak yakin akan masa depan jurusannya, dan belum memiliki gambaran akan pilihan karier di masa depan. Permasalahan tersebut mayoritas dialami oleh siswa jurusan Pekerja Sosial (PS). Gejala-gejala tersebut merupakan indikasi rendahnya efikasi diri karier. Berasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan menghasilkan media board game untuk meningkatkan efikasi diri karier siswa yang memenuhi kriteria akseptabilitas. Aspek yang diukur dari efikasi diri karier siswa diantaranya keterampilan memutuskan pilihan karier masa depan, daya juang, dan tingkat optimistik terhadap kemampuan dirinya. Prosedur pengembangan permainan board game ini diadaptasi dari model Borg & Gall (1983). Pada penelitian ini, metode adaptasi yang dipakai dari penelitian Borg & Gall hanya sampai pada tahap ke lima, yaitu revisi produk. Pada penelitian dan pengembangan ini, uji ahli dilakukan oleh dua ahli BK, dua ahli media, dua konselor, dan sepuluh uji pengguna poduk (siswa). Teknik pengumpulan data melalui skala penilaian akseptabilitas, wawancara, dan saran perbaikan pada lembar saran. Teknik analisa data uji ahli BK, media, dan konselor dilakukan menggunakan model inter-rater agreement. Sementara uji pengguna menggunakan persentase. Penilaian kelayakan produk terdiri dari empat aspek yaitu: kegunaan, kemenarikan, kepraktisan, dan ketepatan. Hasil indeks uji ahli materi dan media sebesar 1 yang masuk pada rentang nilai 0,80-1,00. Artinya produk yang telah dikembangkan layak digunakan. Hasil uji pengguna (siswa) pada aspek kegunaan 90, kemenarikan 87.5, kepraktisan 77.5, dan ketepatan 84. Artinya produk yang telah dikembangkan sangat berguna, sangat menarik, cukup praktis, dan sangat tepat bagi siswa. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah guru BK seyogyanya menggunakan media Lokatara Board Game sebagai media layanan bimbingan kelompok pada bidang karier untuk meningkatkan efikasi diri karier siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116819

Actions (login required)

View Item View Item